Tutorial Upload Gambar dan Video di Wordpress

cara upload gambar dan video di wordpress

Gambar dan video akan mempercantik sebuah postingan yang telah kita susun. Selain berfungsi untuk mempercantik, gambar dan video juga dapat membantu pembaca untuk lebih mengerti dan memahami topik bahasan yang kita bagikan melalui tulisan yang kita buat di wordpress. Karena sering kali, para pembaca di dunia internet lebih memilih untuk membaca sebuah tulisan dengan dibumbui gambar-gambar pendukung agar dapat memvisualisasikan apa yang kita tulis sehingga para pembaca semakin betah berada di artikel kita.

Video menjadi primadona baru di dunia internet saat ini. Konten-konten dengan video menarik akan lebih disenangi para pembaca karena dengan melalui video, para pembaca bisa lebih masuk meresapi dan menghayati sebuah cerita. Maka dari itu, video dapat kita jadikan sebuah pemanis agar para pembaca wordpress kita semakin betah dan dengan senang hati membagikan tulisan kita ke lebih banyak orang. Dengan demikian, tulisan kita akan semakin mudah untuk dikenal orang.

Untuk menyingkat waktu dan pembahasan, maka langsung saja kita mulai dengan Cara Upload Gambar terlebih dahulu. Setelah itu, kita lanjutkan dengan Cara Upload Video

Cara Upload Gambar

Upload gambar di wordpress dapat dilakukan dengan mengklik ikon gambar pemandangan yag berada default di pojok kanan sebuah blok. Jika ikon tersebut tidak muncul, maka upload gambar dapat dilakukan dengan Tambahkan Blok → Paling Banyak Digunakan → Gambar. Bisa juga dilakukan dengan Tambahkan Blok → Common Block → Gambar.

macam-macam blok di wordpress

Setelah itu, akan muncul pilihan metode upload gambar. > 1. Unggah > 2. Pustaka Media > 3. Sisipkan dari URL

Unggah berarti anda akan mengunggah/upload sebuah gambar dari device anda ke penyimpanan cloud wordpress. Pustaka Media adalah semacam galeri di mana gambar-gambar yang pernah anda upload sebelumnya akan ditampilkan. Gambar-gambar ini tidak akan hilang kecuali anda yang menghapusnya. Sisipkan dari URL adalah metode upload gambar dengan melakukan copy-paste sebuah link yang berisikan gambar yang ingin anda tampilkan.

Ketiga metode di atas dapat pula diaplikasikan jika kita ingin melakukan upload video.

metode upload gambar dan video di wordpress

Pada kesempatan kali ini, metode yang akan kita gunakan adalah dengan menggunakanSisipkan dari URL. Alamat URL yang akan digunakan adalah

https://blogs.jogjahost.co.id/wp-content/uploads/2018/06/cropped-logo-color-1.png

Ketika selesai dan alamat URL yang kita masukkan bernilai valid, maka akan muncul gambar seperti berikut ini:

berhasil upload gambar

Cara Upload Video

Tak berbeda dengan upload gambar, cara upload video dapat juga dilakukan dengan menggunakan ketiga metode upload yang sudah disebutkan di atas.

Sama seperti sebelumnya, metode yang digunakan kali ini adalah menggunakan metode Sisipkan dari URL. Alamat URL yang digunakan yaitu

https://youtu.be/apGpRFjR870

Saat proses telah selesai dilakukan dan tidak terjadi kesalahan penulisan URL, maka secara otomatis akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

berhasil upload video

Metode Unggah dan Pustaka Media dapat digunakan selain metode Sisipkan dari URL. Metode yang anda pilih dapat disesuaikan dengan keadaan dan kondisi. Misal, kita ingin menghemat ruang penyimpanan di device kita, maka kita cukup memakai metode Sisipkan dari URL agar memori penyimpanan menjadi lebih lega. Namun apabila anda memiliki gambar sendiri dan tidak tersedia di internet, maka metode unggah menjadi jalan terbaik untuk upload gambar maupun upload video.

Onlinekan Bisnismu

Onlinekan Bisnismu Dengan Hosting Unlimited SSD Cuma 13RB Sebulan, Gratis Domain .COM + Diskon 50% Recurring Lifetime

Dapatkan Di Sini