Tutorial Wordpress untuk Pemula

Membuat wordpress untuk sebuah website untuk pemula akan lebih mudah jika mengikuti panduan ini

Wordpress saat ini menjadi framework yang populer digunakan oleh masyarakat di dunia untuk membuat website secara mandiri. Salah satu alasan kenapa wordpress banyak digunakan karena content management system (CMS) ini memiliki banyak fitur dan juga dapat digunakan tanpa biaya, Free.

Pada artikel kali ini, akan dibahas cara menggunakan Wordpress secara sederhana. Harapannya adalah agar konten dalam artikel ini dapat dipahami secara mudah dan dapat langsung dipraktikkan bahkan oleh seseorang yang dalam tingkat pemula dalam dunia internet.

Langkah 1: Tampilan Awal

Ketika kita menuliskan URL wordpress.com, maka kita yang berada di wilayah Indonesia akan langsung diarahkan menuju id.wordpress.com. Tampilan website pada URL tersebut langsung menggunakan tampilan Bahasa Indonesia yang tentunya memudahkan kita. Berikut ini adalah tampilan halaman awal dari wordpress

Langkah 2: Proses Pendaftaran

Untuk memulai menggunakan Wordpress, kita terlebih dahulu melakukan proses pendaftaran. Ada dua cara melakukan pendaftarab di wordpress, yaitu dengan Mengisi Manual maupun menggunakan Akun Google yang terdapat pada device kita.

Lebih cepat menggunakan pilihan Akun Google daripada Mengisi Manual. Hal ini karena proses yang kita lalui hanya dengan menekan tombol selanjutnya dan kita dapat memulai pemakaian wordpress tanpa harus mengisi data diri lagi.

Langkah 3: Mengisi Deskripsi tentang Website yang Ingin Kita Buat

Misalkan adalah seorang blogger kuliner dan ingin menuliskan review sebuah menu dari restaurant yang terakhir kunjungi, maka dapat menuliskan di deskripsi dengan diksi kuliner, makanan, review makanan sehat dan mudah dibuat, dan yang lain sesuai kreativitas kita. Deskripsi ini juga membantu website kita mudah ditemukan oleh mesin pencari, atau biasa disebut dengan Search Engine Optimalization (SEO). Baca lebih lanjut Artikel SEO friendly.

Pastikan isian deskripsi sesuai dengan apa yang inginkan. Dengan demikian, website yang kita buat akan mudah ditemukan oleh orang yang sedang mencari topik tentang hal spesifik tersebut. Semakin sering website kita dituju, semakin besar peluang website kita untuk tampil di halaman pertama mesin pencari.

Langkah 4: Memilih Nama Domain yang Unik dan Efisien

Pemilihan nama untuk domain sangat penting bagi kita. Nama ini dapat membuat halaman wordpress kita menentukan kemudahan pembaca untuk menuju halaman wordpress yang telah kita buat. Efisien dalam penggunaan kata akan membuat domain kita semakin dikenal oleh banyak orang. Semakin unik dan efisien nama domain, semakin mudah orang-orang untuk menemukan domain kita.

Di situs wordpress.com disediakan berbagai layanan nama domain beserta ekstensinya. Namun, harga tersebut sekilas terlihat mahal karena mata uang yang digunakan adalah Dollar Amerika (USD). Ada beberapa layanan domain di Indonesia dengan harga yang lebih terjangkau dengan mata uang Rupiah (IDR). Beberapa di antaranya adalah Jogjahost, Nusantarahost, Ardetamedia.

Langkah 5: Memilih Paket Wordpress Sesuai Budget yang Kita Miliki

Banyak orang menggunakan wordpress karena CMS ini dapat digunakan tanpa kita mengeluarkan biaya sepeserpun. Jika memiliki budget tertentu untuk wordpress, maka dapat menggunakan budget tersebut untuk menggunakan pelayanan yang lebih maksimal yang ditawarkan oleh pihak wordpress.

Rencanakan setiap langkah secara tepat dan bijak. Dengan menggunakan jasa berbayar, tentunya fasilitas yang akan kita dapat juga berbeda dengan yang tidak berbayar. Seperti domain yang unik tanpa ekstensi wordpress.com, dapat mengetahui data traffic pengunjung, dan juga SEO Tools.

Setelah langkah kelima sudah kita jalankan, maka kita langsung diarahkan ke halaman management wordpress. Di dalam halaman management, terdapat pilihan seperti melihat situs secara live, melihat jumlah kunjungan dan asal pengunjung wordpress kita, membuat halaman wordpress, membuat pos, memilih dan mengatur tema wordpress, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikian artikel singkat tentang memulai menggunakan wordpress untuk para pemula. Untuk dapat lebih mengenal wordpress, bisa klik link berikut ini Tutorial Membuat Template di Wordpress, Tutorial Mengganti Font di Wordpress, Tutorial Upload Gambar dan Video, Tutorial Membuat “Read More” atau “Lanjutkan Membaca”.

Baca juga: Tutorial Membuat Website

Baca Juga:

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%