Tutorial Mengganti Font di Wordpress

Pernahkah anda membayangkan website dengan font style yang sesuai keinginan anda? Sebuah font style yang dapat menyatu dengan tema website tertentu.

Di Wordpress, kita dapat membuat font sesuai dengan apa yang kita inginkan agar tampilan halaman wordpress kita semakin menarik. Namun, perlu dicatat bahwa ada beberapa aturan desain yang perlu kita perhatikan agar tampilan halaman wordpress kita malah merusak user experience dan membuat jumlah kunjungan ke halaman wordpress kita menjadi sedikit.

Maka dari itu, sebelum kita mengubah font di halaman wordpress kita, mari kita simak beberapa hal berikut ini:

  1. Gunakan variasi font dengan maksimal 3 varian.
  2. Pastikan paduan jenis font yang anda gunakan harmonis secara visual.
  3. Pilihlah jenis font yang cocok dengan berbagai ukuran.

Untuk lebih mendalami tentang font dan typography, bisa langsung kunjungi link berikut yang disertai contoh-contoh bagus untuk memudahkan anda memahami materi typography Belajar Typography

OK, semoga tips singkat di atas sedikit membantu anda dalam mendesain halaman wordpress agar tampil lebih harmonis dan sedap di mata. Selanjutnya, yang akan kita bahas adalah cara mengganti font di wordpress. Semoga tulisan ini membantu anda dalam mendekorasi halaman wordpress.

Langkah 1: Sesuaikan

Sesuaikan (dalam Bahasa Inggris: Costumizer) di sini adalah menu yang berada di samping kiri halaman manajemen wordpress. Salah satu fungsi dari menu Sesuaikan adalah mengganti font sesuai dengan keinginan kita. Gambar di bawah ini adalah tampilan menu Sesuaikan:

sesuaikan

Setelah klik menu Sesuaikan, kita akan dibawa ke halaman pengaturan tema. Di halaman pengaturan tema itu, banyak menu yang terdapat di samping kiri. Menu-menunya antara lain: Identitas Situs, Warna & Latar Belakang,Font,Gambar Tajuk, Menu, CSS, Widget, Pengaturan Beranda, dan AMP.

halaman sesuaikan

Langkah 2: Pilih Menu Font

Selanjutnya, menu yang anda tuju adalah menu Font untuk memulai menyesuaikan font halaman wordpress kita.

menu font

Nah, di dalam menu font tersebut, kita disuguhi dua pilihan yaitu untuk mengubah jenis font Judul dan mengubah jenis font untuk Isi artikel.

Langkah 3: Mengganti Font Judul

Untuk mengganti font judul, maka arahkan kursor pada pilihan di samping kiri yang bertuliskan judul. Lalu klik di tulisan Font Tema Default. Setelah itu pilihlah jenis font yang ingin disematkan.

ganti font judul

Langkah 4: Mengganti Font Dasar

Font dasar adalah bagian isi dari artikel yang kita buat. Ketika kita mengubah Font Dasar maka yang akan berganti adalah font artikel yang telah kita tulis sedemikian rupa.

ganti font dasar

Perlu diperhatikan bahwa pilihan font di versi paket Free hanya memiliki sedikit variasi. Untuk dapat menggunakan plugin tambah variasi font, kita diarahkan untuk upgrade ke paket bisnis yang berbayar. Namun, kelebihan dari versi free ini adalah variasi font yang ditawarkan sudah standar dan kompatibel dengan berbagai browser. Dengan begitu, kita tidak perlu resah bahwa font yang kita pilih tidak kompatibel dengan browser para pembaca artikel kita.

Onlinekan Bisnismu

Onlinekan Bisnismu Dengan Hosting Unlimited SSD Cuma 13RB Sebulan, Gratis Domain .COM + Diskon 50% Recurring Lifetime

Dapatkan Di Sini