Cara Transfer Domain

Pengertian dari transfer domain adalah memindahkan pelayanan domain dari jasa penyedia domain (registar) satu ke registar yang lain. Hal ini biasa dilakukan karena banyak alasan dari sang empunya domain. misalkan:

  1. Ingin mencoba sesuatu yang baru dengan mencoba jasa dari registar yang baru.
  2. Menemukan fitur yang lebih lengkap di registar yang baru dan meninggalkan registar yang lama.
  3. Registar baru memiliki layanan yang lebih maksimal dibandingkan registar lama.
  4. Berpindah dari registar luar negeri ke registar dalam negeri.

Beberapa registar luar negeri misalnya:

registrar internasional

Beberapa registar dalam negeri adalah sebagai berikut:

registar dalam negeri

Berikutnya, dalam rangka kita melakukan kegiatan transfer domain, maka langkah-langkah yang dapat kita tempuh adalah berikut ini:

1. Perhatikan syarat untuk pengajuan transfer domain.

Biasanya domain yang dapat ditransfer adalah sebuah domain yang telah berumur 60 hari penayangan. Jika kurang dari durasi tersebut, maka domain tidak dapat ditransfer ke registar yang lain.

2. Pastikan terlebih dahulu bahwa anda memilih registar yang tepat.

Lakukan survei terhadap semua pilihan registar yang ada. Pilihlah yang memang telah memenuhi kebutuhan website anda. Pelajari dengan seksama penawaran apa saja yang ditawarkan oleh semua calon registar yang akan anda gunakan.

3. Yakinkan diri bahwa pilihan yang paling tepat dari yang telah anda survei.

Pastikan ke dalam anda, bahwa registar baru benar-benar telah memnuhi kebutuhan anda. Jangan ragu untuk menghubungi customer service (CS) registar melalui live chat di website. Hal ini biasanya dilakukan untuk menanyakan informasi lebih lanjut dan lebih mendalam tentang layanan yang tercantum di iklan mereka dan yang akan mereka berikan di kenyataan.

4. Lakukan proses yang diminta registar untuk menyelesaikan proses transfer domain.

Setelah anda benar-benar yakin untuk memilih sebuah registar baru, maka lakukan prosedur sesuai dengan yang disyaratkan oleh registar tersebut. Biasanya kita akan diisi beberapa form online dan berakhir dengan melakukan pembayaran sesuai dengan paket yang kita pesan.


Demikian artikel singkat tentang transfer domain. Jika belum jelas dan masih memiliki pertanyaan silahkan hubungi Link Ini Terima kasih, selamat beraktivitas.

Onlinekan Bisnismu

Onlinekan Bisnismu Dengan Hosting Unlimited SSD Cuma 13RB Sebulan, Gratis Domain .COM + Diskon 50% Recurring Lifetime

Dapatkan Di Sini