Kelebihan Dan Kekurangan Drupal

Drupal adalah salah satu CMS (Content Management System) yang cukup populer sehingga mudah dikembangkan karena tersedia banyak module untuk menambah kemapuan website. Keunggulannya yaitu Sistem arsitektur yang aman dan update keamanan sering dirilis secara berkala.

Hallo Bolo JH!

Kali ini kita akan membahas mengenai “Kelebihan dan Kekurangan Drupal”, tapi sebelumnya kita harus mengetahui dulu apa itu drupal? bagaimana sejarah terbentuknya drupal? dan apa kelebihan serta kekurangan drupal?.

APA ITU DRUPAL?

Drupal adalah salah satu CMS (Content Management System) yang cukup populer. Drupal sendiri menurut wikipedia adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka yang di distribusikan di bawah lisensi GPL, pengembangan dan perawatannya dilakukan oleh ribuan komunitas pengguna dan pengembang di seluruh dunia.

Dibuat dengan bahasa pemrograman PHP, Drupal dapat dipasang pada beberapa jenis database seperti MySQL, PostgreSQL, SQLite,MariaDB dan juga MsSQL. Web server yang mendukung diantaranya Apache, Nginx, IIS yang berjalan pada sistem operasi Cross-platform seperti Microsoft Windows, Mac OS X, Linux dan FreeBSD. Drupal dapat diunduh secara bebas dan dapat digunakan secara bebas, sehingga memungkinkan setiap orang baik secara individu maupun komunitas untuk mempublikasi, mengatur, mengelola dan mengorganisir berbagai jenis dari isi/konten pada website. Kemampuannya tidak sekadar sebagai CMS, namun dengan modul API-nya Drupal juga dapat digunakan sebagai CMF dalam membangun aplikasi berbasis Web.

SEJARAH DRUPAL

Munculnya CMS Drupal diawali oleh Dries Buytaert. Beliau adalah seorang PhD dalam Ilmu Komputer pada 27 Januari 2008 di Universitas Ghent, sekitar tahun 1998-1999 drupal dibangun tanpa sengaja.

Awalnya Dries belajar dengan menggunakan internet nirkabel bersama temannya. kemudian Mereka mencoba membangun jaringan lokal (Local Area Network, LAN). Proyek LAN membutuhkan banyak komunikasi dan pertukaran informasi sehingga diperlukan aplikasi forum diskusi.

Ketika software berkembang, permintaan akan fitur baru juga bertambah. Dries memutuskan softwarenya menjadi open source agar komunitas bisa bereksperimen sendiri dengan software tersebut, dan dia tetap memiliki waktu sendiri dalam eksperimen dan pengembangan.

Salah satu kejadian tersebut berhubungan dengan situs Kerneltrap.org yang dikelola Jeremy Andrews. Dries mengirimi Jeremy email dan menyarankannya menggunakan Drupal pada situsnya. Keduanya kemudian bekerja sama untuk menangani lonjakan trafik internet yang tak terduga. Dari hasil kolaborasi tersebut, Jeremy membuat beberapa modul dan menulis beberapa artikel tentang modul Drupalnya dan cara kerja Drupal. Dia fokus pada karakteristik teknis Drupal. Inilah yang kemudian membawa banyak ketertarikan komunitas internet atas Drupal.

Drupal terus berkembang dan Drupal.org, situs utama Drupal yang kini memiliki lebih dari 350.000 anggota, menyediakan dukungan dan dokumentasi untuk implementasi Drupal. Jutaan salinan software ini sudah diunduh sejak dirilis. Drupal.org didaftarkan pada tanggal 26 April 2001.

KELEBIHAN DRUPAL

  1. Sistem arsitektur yang aman dan update keamanan sering dirilis secara berkala.
  2. Mudah untuk dikembangkan dan tersedia banyak module yang bisa digunakan untuk menambah kemampuan dari website, sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.
  3. Memiliki komunitas yang besar dan dapat memberikan support kepada kita melalui Drupal.org.
  4. Mudah untuk diluncurkan melalui hampir semua hosting.
  5. Didukung berbagai jenis konten untuk website dari yang simpel hingga kompleks. Berbagai tiep konten mulai dari artikel, job posting dan lainnya
  6. Dapat diskalakan dengan mudah.
  7. Mendukung multisite.
  8. Banyak theme yang bisa diterapkan.
  9. Jika kita mampu mengatur website Drupal sebaik mungkin, penyedia konten dan pengguna non-administrator dapat menggunakannya dengan sangat mudah.
  10. Siapapun dapat membuat website apa saja dengan Drupal, karena fleksibilitasnnya.
  11. Integrasi pihak ketiga sangat mudah dilakukan.
  12. Menulis custom module juga terbilang mudah dan API dapat didokumentasikan dengan baik.
  13. Banyak video training dan juga tutorial yang tersedia di internet, jadi kamu bisa belajar lebih banyak. Caching dapat meningkatkan kecepatan dan kinerja dari website, dengan Drupal dapat dilakukan dengan mudah.

KEKURANGAN DRUPAL

  1. Untuk membangun website dengan Drupal kamu harus belajar lebih lama dibandingkan dengan mempergunakan CMS WordPress. Tetapi ketika kamu sudah mempelajarinya semuanya akan mudah.
  2. Terkadang Drupal dapat menghabiskan banyak resource dari server, jika kita tidak men-tweaknya dengan benar.
  3. Mencari pengembang Drupal yang bagus lebih sulit ketimbang mencari pengembang WordPress atau Joomla.
  4. Untuk website besaer module contributed kadang bisa menjadi isu.
  5. Membuat custom module dapat menjadi sulit jika kita tidak dapat menemukan pengembang Drupal.

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%