30 Daftar Website Penyedia Gambar Gratis Berkualitas Tinggi

Sebagai pembuat content, gambar sangat membantu untuk mengilustrasikan sebuah tulisan. Berikut ini 25 daftar website yang menyediakan gambar gratis.

Foto maupun gambar besar peranannya dalam sebuah tulisan. Dengan menambahkan gambar maupun foto, tulisan lebih berasa hidup dan memberi gambaran yang utuh terhadap pembacanya. Para pembaca lebih sering terbantu apabila sebuah tulisan ditambah dengan gambar maupun foto. Ada pula beberapa pembaca yang dengan kehadiran gambar justru menambah minat mereka dalam membaca.

Banyak sekali website-website yang menyediakan sumber gambar maupun foto gratis yang dapat anda gunakan dalam tulisan anda. Tulisan ini bisa saja dalam bentuk buku, poster, pamflet, hingga produk digital seperti ebook, blog, dan masih banyak lagi lainnya. Artikel kali ini akan dibahas website apa saja yang dapat anda kunjungi dan anda dapat melakukan download gambar-gambar untuk melengkapi tulisan anda.

  1. Freepik

    Freepik adalah sebuah website penyedia gambar gratis dengan kualitas tinggi yang cukup populer digunakan. Website yang didirikan oleh Alejandro dan Pablo Blanes bersama Joaquin Cuenca pada tahun 2010 ini menyediakan gambar berupa vector dan foto yang dapat digunakan baik untuk kepentingan personal maupun kepentingan komersial.

  2. Pexels

    Website yang didirikan oleh Bruno Joseph dan Ingo Joseph pada tahun 2014 ini menyediakan banyak sekali stok foto gratis di bawah lisensi dari Pexels. Foto-foto yang terdapat di database Pexels berasal dari beberapa rekanan website penyedia foto gratis lainnya seperti Pixabay, Gratisography, Little Visuals, dan masih banyak lainnya.

  3. Pixabay

    Pixabay adalah sebuah website penyedia gambar gratis berkualitas tinggi yang berasal dari Jerman. Pixabay didirikan oleh Hans Braxmeier dan Simon Steinberger. Foto-foto yang terdapat di Pixabay dapat digunakan untuk kebutuhan komersial dan kepentingan personal tanpa harus meminta izin terhadap kreator foto.

  4. Stocksnap

    Sebuah gambar ataupun foto yang menarik dan berkualitas tinggi sangat mempengaruhi keberhasilan sebuah produk kreatif. Hal inilah yang menjadi landasan Stocksnap menyediakan gambar berkualitas tinggi yang dapat digunakan oleh banyak orang tanpa harus membayar royaliti.

  5. Reshot

    Reshot menyediakan banyak gambar berkualitas tinggi yang dapat digunakan oleh para pekerja kreatif untuk menambah nilai estetika sebuah proyek kreatif. Gambar-gambar di website Reshot dapat digunakan kembali untuk tujuan pribadi hingga tujuan komersil tanpa harus memberi kredit kepada pencipta gambarnya.

  6. Freestock

    Freeshot tumbuh semakin besar setiap minggunya. Semua foto di dalamnya dapat digunakan untuk beragam keperluan anda. Bisa untuk presentasi, pengenalan sebuah produk, pembuatan poster, dan kebutuhan yang lainnya. Anda dapat menggunakan foto-foto dari website Freestock secara gratis karena semua foto di database Freestock menggunakan Lisensi CCO.

  7. Picjumbo

    Victor Hanacek mendirikan Picjumbo pada tahun 2013 yang lalu. Fotografer dan pengusaha online ini mengaku mendirikan Picjumbo karena fotonya pernah ditolak oleh beberapa website. Saat ini, sudah lebih dari enam juta orang telah menggunakan foto-foto yang ada di Picjumbo untuk berbagai kebutuhan.

  8. Kaboompic

    Foto-foto yang ada di Kaboompic telah dikunjungi oleh lebih dari 70.000 orang dari kurang lebih 209 negara di dunia. Foto-foto kaboompic telah digunakan oleh media-media mainstream seperti BBC, CNN, Forbes, Cosmopolitan, Yahoo, iSpot, BuzzFeed, Hubspot, The Huffington Post, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  9. Skitter

    Skitter didirikan pada tahun 2013 oleh dua orang fotografer,Rudi dan Peter, di Belanda. Pada awalnya, Skitter hanya berisi kumpulan foto hasil jepretan dua pendirinya. Namun, dalam perkembangannya, Skitter membuka jalan untuk semua fotografer menjadi kontributor foto di website Skitter. Saat ini, foto-foto di Skitter telah didownload ribuan orang.

  10. Styled Stock

    Website Styled Stock mengusung konsep yang berbeda dari website penyedia foto gratis yang lainnya. Styled Stock mengkhususkan diri menyediakan foto dengan tema feminisme. Buat anda yang memiliki hobi di bidang kosmetik misalnya, dapat menggunakan website Styled Stock ini untuk mendapatkan foto-foto bertema kosmetik dengan kualitas tinggi tanpa membayar komisi.

  11. Unsplash

    Unsplash adalah sebuah website berbagi stok foto yang berkantor di Kanada. Website ini didirikan pada tahun 2013 yang lalu oleh Mikael Cho dan ketiga temannya. Sampai saat ini, Unsplash telah berkembang menjadi sebuah komunitas dengan lebih dari 100.000 kontributor di dalamnya. Foto-fotonya dapat anda gunakan untuk berbagi macam keperluan.

  12. Gratisography

    Gratisography menyediakan foto-foto cinematic untuk mempercantik tulisan anda. Semua foto yang ada di database Gratishography terbagi menjadi beberapa kategori: binatang, bisnis, fashion, alam, perkotaan, benda-benda sehari-hari, ekspresi orang, dan juga kategori makanan.

  13. Burst

    Burst disponsori oleh Shopify. Foto-foto berkualitas tinggi di website Burst dapat anda gunakan untuk bermacam-macam keperluan. Burst mengizinkan para pengguna untuk memakai foto-foto tersebut baik untuk kepentingan pribadi hingga kepentingan komersial. Pihak Burst secara konstan memperbarui koleksi fotonya untuk menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi.

  14. New Old Stock

    Sama seperti namanya, website New Old Stock ini menyediakan foto-foto yang berasal dari arsip-arsip lama. Walaupun foto yang ditampilkan bertema lawas, namun kualitas dari foto-foto tersebut masih dalam resolusi tinggi. Bagi anda yang ingin membuat sebuah proyek kreatif dengan tema jadul, New Old Stock bisa anda jadikan referensi untuk mencari foto jadul dengan kualitas high resolution.

  15. Life of Pix

    Life of Pix menawarkan beragam jenis foto berkualitas high resolution untuk keperluan pribadi dan komersial. Stok foto di Life of Pix akan diperbarui setiap minggunya oleh pihak administrator. Setiap minggu pula, salah seorang fotografer kontributor akan dinobatkan menjadi fotografer of the week.

  16. Epicantus

    Epicantus adalah sebuah website yang berisi foto gratis berkualitas tinggi buah karya sang founder. Foto-foto yang terdapat di Epicantus kebanyakan bertemakan landscape alam.

  17. MMT

    MMT adalah sebuah akronim untuk kata Moment. Website MMT diluncurkan pada tahun 2014 yang lalu dan bertujuan untuk membagikan stok foto gratis dengan resolusi tinggi untuk digunakan dalam bermacam-macam keperluan orang yang menggunakannya. Semua foto yang tersedia di website MMT dapat digunakan secara gratis di bawah lisensi CCO. MMT juga berperan aktif dalam website Shopify dan Canva.

  18. Magdeleine

    Sama seperti website penyedia gambar gratis yang lain, Magdeleine juga menggunakan lisensi CCO. Sehingga, foto-foto bisa digunakan secara gratis baik untuk keperluan pribadi maupun keperluan komersial. Foto-foto yang tersedia di Magdeleine pada umumnya bertemakan pemandangan alam berlatar gunung dan juga bertemakan minuman kopi.

  19. Jay Mantri

    Jay Mantri menyediakan foto gratis berkualitas tinggi dengan tema perkotaan. Selain tema perkotaan, website Jay Mantri juga menyediakan foto-foto kualitas tinggi dengan tema alam, seperti laut, air terjun, pegunungan, dan masih banyak yang lainnya.

  20. Picography

    Picography telah memulai debutnya sejak tahun 2016. Semenjak saat itu, website Picography telah berkembang dengan baik dan menjadi penyedia beragam foto gratis uyang dapat diandalkan. Pihak Picography membuka kesempatan lebar untuk para fotografer menjadi kontributor untuk mengisi stok fotonya. Kategori foto yang ditawarkan antara lain: kehidupan alam, teknologi, perkotaan, bisnis, dan masih banyak lainnya.

  21. Little Visuals

    Little Visuals menyediakan banyak stok foto beresolusi tinggi untuk keperluan pribadi dan keperluan komersial di bawah lisensi CCO. Namun sedihnya, website Little Visuals telah ditinggal oleh pendirinya, Nic, pada tahun 2013 yang lalu saat usianya masih berusia 26 tahun. Pada saat ini, Little Visuals masih belum melakukan update foto terbaru. Walaupun lama tidak diupdate, stok-stok foto lama masih dapat anda nikmati hingga saat ini.

  22. ISO Republic

    Ribuan foto dengan kualitas resolusi tinggi siap diunduh dari situs ISO Republic. Selain dapat mengunduh foto-foto resolusi tinggi secara gratis, anda dapat juga mengunduh video-video dengan kualitas HD untuk menambah nilai estetika proyek kreatif anda. Anda dapat mengunduh foto dengan tema makanan, bisnis, teknologi, pemandangan alam, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  23. Stokpic

    Website Stokpic didirikan oleh seorang fotografer bernama Ed Gregory. Sang pendiri dapat mempersilahkan stok foto yang tersedia di website digunakan untuk kepentingan komersial. Namun, Gregory berpesan bahwa bagi anda tidak dapat menjual langsung foto tersebut.

  24. WeFunction

    WeFunction adalah sebuah website yang pada awal mulanya didirikan oleh seorang berkebangsaan Inggris bernama Liam McKay pada tahun 2007. Selain menyediakan foto-foto gratis, WeFunction juga menyediakan blog yang berisi banyak tips dan trik, serta berita terbaru tentang dunia internet.

  25. Foter

    Foter menyediakan kurang lebih 335 juta foto gratis untuk dapat digunakan oleh banyak orang. Untuk mencari sebuah foto dengan kata kunci tertentu, anda dapat melakukannya dengan mengetikkannya di kolom search maupun mencarinya berdasarkan kategorinya.

  26. Foodies Feed

    Sesuai dengan namanya, Foodies Feed menyediakan foto gratis dengan tema kuliner. Foto-foto yang terdapat di website Foodies Feed cocok sekali untuk anda yang sedang mengerjakan sebuah proyek kreatif dengan tema kuliner. Foto-foto di Foodies Feed dikelompokkan atas beberapa kategori, seperti foto bertemakan kopi, foto bertemakan pizza, foto bertemakan macam-macam olahan daging, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  27. Stockvault

    Website yang telah didirikan sejak tahun 2004 ini menawarkan kurang lebih 130 ribu foto beresolusi tinggi untuk dapat digunakan secara gratis oleh banyak orang. Sampai saat ini, Stockvault menjadi sebuah komunitas berbagi foto beresolusi tinggi dengan anggota yang sudah mencapai 98 ribu orang dengan total lebih dari jutaan unduhan.

  28. Cupcake

    Cupcake menyediakan banyak foto berkualitas tinggi yang dapat anda gunakan secara cuma-cuma. Website yang berbasis di Malmo, Swedia ini merupakan kumpulan foto-foto koleksi pribadi dari sang pendiri, Jonas Wimmerström.

  29. Getrefe

    Getrefe didirikan oleh tiga serangkai asal Lithuania. Mereka adalah Marius Klapatauskas, Romualdas Lubys, dan Tomas Laurinavicius. Selain menawarkan foto dengan resolusi tinggi, website Getrefe juga menawarkan paket-paket berbayar.

  30. Splitshire

    Splitshire pada awalnya dibuat dengan filosofis untuk membagikan sesuatu yang baik kepada banyak orang. Misi dari Splitshire adalah membuat banyak orang menjadi lebih hebat dengan isi konten yang baik. Sang kreator membuat Splitshire agar foto yang ada dapat dimanfaatkan oleh blogger, desainer, pembuat website, tim marketing online agar lebih kreatif lagi menghadapi tantangan yang ada.

Baca Juga:

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%