Pengertian Web Analytics

Web Analytics adalah pengumpulan, pelaporan, dan analisis data dari sebuah situs web. Fokus dari web analytics adalah mengidentifikasi pengalaman pengguna atau biasa juga disebut User Experience (UX). Data-data ini akan diukur berdasarkan pada tujuan organisasi dan pengguna website. Data tersebut untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan dari rencana yang telah disusun sebelumnya. Web analytics ini biasanya digunakan untuk pemasaran online. Bisa juga digunakan untuk semakin mengoptimalkan Search Engine Optimalization (SEO). Penting untuk mengembangkan analisis web yang relevan dan efektif dengan produk yang kita tawarkan.

Web Analytics dapat sangat mendukung dalam pengembangan sebuah bisnis online. Beberapa tips dan trik yang perlu diperhatikan terkait dengan menganalisis suatu web adalah:

  • Pengambilan keputusan berdasarkan dari data yang diperoleh dari traffic web. Setelah mengumpulkan data yang relevan untuk menjawab apakah Anda telah memenuhi (atau gagal memenuhi) tujuan Anda, cari tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda. Apakah ada konten bernilai tinggi (berdasarkan umpan balik pengguna ke situs web) yang tidak mendapatkan lalu lintas apa pun? Cari tahu alasannya melalui analisis jalur pengguna atau analisis keterlibatan sumber top untuk halaman itu.

  • Hindari berfokus pada snapshot dalam pelaporan. Berfokus pada kunjungan atau hanya melihat dalam jangka waktu tertentu tidak menangkap pengalaman web yang lebih kaya dan lebih kompleks yang sedang online saat ini. Metrik sesi sesi, seperti pengunjung, nilai seumur hidup pengguna, dan nilai-nilai lain yang memberikan pemahaman jangka panjang tentang orang dan pengguna, memungkinkan Anda untuk mengevaluasi bagaimana situs web Anda telah melakukan apa yang sudah matang dan saat berinteraksi dengan pengunjung, terutama yang kembali.

  • Konsisten dalam informasi yang Anda berikan untuk para pengunjung web Anda. Kenali pembaca website Anda dan ketahui kelemahan sistem Anda.

Untuk ingin mengetahui aneka ragam jasa penyedia web analytics, anda dapat mengunjungi Macam-Macam Web Analytics

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%