Cara Mudah Manajemen Pengguna di Wordpress

Wordpress Pengguna

Halo sobat JH! Kembali lagi di catatan.net. Well, kali ini saya akan memberikan tutorial kepada sobat semuanya terkait dengan manajemen pengguna dengan berbagai peran di wordpress. Jadi setiap pengguna pada Wordpress memiliki peran dan hak akses atau level yang berbeda.

Terdapat 5 jenis pengguna di sistem Wordpress:

  1. Admistrator
    Untuk jenis pengguna pertama adalah Administrator atau biasa disebut saja sebagai admin. Admin merupakan peran pengguna yang memiliki hak akses paling tinggi. Pengguna dengan peran administrator dapat menambah postinga baru, melakukan editing tulisan yang diupload oleh pengguna di situs tidak hanya itu saja bahkan admin bisa menghapus postingan mereka. Admin bisa melakukan segala hal pada sistem WordPress contohnya seorang Admin dapat melakukan instalasi, editing dan menghapus plugin dan tema. Peran ini pada dasarnya disediakan untuk pemilik atau owner situs dan memberi Anda kontrol penuh dari situs WordPress Anda. Jika Anda menjalankan sebuah situs multi-user WordPress, maka Anda harus sangat berhati-hati untuk memilih siapa yang akan Anda tetapkan sebagai peran pengguna administrator, saya sarankan adalah Anda sendiri sebagai Administrator.

  2. Editor
    Pengguna dengan peran editor memiliki hak akses pada bagian isi website Anda. Mereka dapat melakukan penambahan, editing, publikasi serta menghapus tulisan yang ada pada WordPress termasuk yang ditulis oleh orang lain. Editor dapat melakukan moderasi, editing dan menghapus komentar juga. Namun demikian, Editor tidak memiliki akses untuk mengubah pengaturan situs WordPress, tidak bisa melakukan instalasi plugin dan tema atau menambahkan pengguna baru.

  3. Author
    Pengguna dengan peran author hanya dapat menulis, melakukan editing dan publikasi pada tulisan mereka sendiri, meskipun tulisan mereka sudah terpublish. Saat menulis posting, Author tidak dapat membuat kategori namun demikian mereka dapat memilih dari kategori yang ada. Di sisi lain, mereka dapat menambahkan tag ke dalam postingan mereka. Author juga memiliki hak akses untuk dapat melihat komentar bahkan komentar yang masih belum dimoderasi, namun demikian Author tidak bisa memoderasi, menyetujui atau melakukan penghapusan komentar tersebut. Author seperti layaknya Editor juga tidak memiliki akses ke pengaturan, plugin atau tema, sehingga cukup berisiko rendah untuk peran pengguna di situs dengan pengecualian kemampuan mereka untuk melakukan penghapusan postingan mereka sendiri setelah posting mereka diterbitkan.

  4. Contributor
    Contributor dapat menambah postingan baru dan melakukan editing tulisan mereka sendiri, tetapi mereka tidak bisa melakukan publikasi tulisan, meskipun itu merupakan tulisan mereka sendiri. Ketika melakukan penulisan, mereka tidak dapat membuat kategori baru dan harus memilih dari kategori yang ada. Namun demikian, mereka dapat menambkan tag ke posting mereka. Kekurangan yang ada pada peran Contributor adlaah seorang contributor tidak dapat melakukan upload file (yang artinya mereka tida dapat menambahkan gambar pada artikel mereka sendiri). Contributor juga dapat melihat komentar baik yang sudah di moderasi komentar. Contributor juga memiliki akses ke pengaturan, plugin atau tema, sehingga mereka tidak dapat mengubah pengaturan di situs Anda.

  5. Subscriber
    Pengguna dengan peran subscriber hanya dapat melakukan login ke situs WordPress Anda dan memperbarui profil pengguna mereka. Mereka dapat melakukan pengubahan password mereka sendri. Namun demikian, Subscriber tidak dapat melakukan menulis posting, melihat komentar atau melakukan hal lain di dalam admin area WordPress. Peran pengguna inilah yang paling sedikit memiliki hak akses, Subscriber ini sangat berguna jika Anda mengharuskan pengguna untuk login sebelum mereka dapat membaca psoting atau memberikan komentar, atau jika Anda memiliki file yang didownload dengna mengharuskan untuk melakukan daftar login terlebih dahulu. Di Wordpress terdapat menu khusus untuk melakukan manajemen pada pengguna. Menu tersebut adalah Menu Pengguna yang terdiri dari 3 Sub-Menu : Sub-Menu Semua Pengguna, Sub-Menu Tambah Baru dan Sub-Menu Profil.

Menu Pengguna

Di Sub-Menu tesebut kita bisa melihat siapa saja yang menjadi pengguna di dalam sistem WordPress kita. Tidak hanya itu saja, selain kita bisa mengetahui siapa saja yang menjadi pengguna pada Wordpress kita, di Sub-Menu Semua Pengguna kita juga bisa melihat detaild dari pengguna tersebut seperti : Nama pengguna, Email, Peranan, dan Pos.

Selain digunakan untuk mengetahui tentang siapa saja pengguna yang sedang aktif di sistem Wordpress kita, di Sub-Menu Pengguna kita juga bisa menambahkan pengguna baru. Caranya adalah dengan menekan tombol Tambah Baru yang ada di pojok kiri-atas. Kemudian kita juga bisa melakukan pencarian pengguna untuk mendapatkan data pengguna dari keyword yang spesific.

Di Sub-Menu Tambah Baru kita akan melakukan proses registrasi pada Pengguna Baru. Untuk melakukan registrasi di pengguna di WordPress, kita diwajibkan untuk melakukan inputan Nama Pengguna (wajib), Email (wajib), Nama Depan, Nama Belakang, Situs Web, Sandi dan Peranan.

Pada gambar di atas kita akan menginputkan pengguna baru dengan data berikut ini :

  • Nama Pengguna : Amir
  • Email : amir@jogjahost.co.id
  • Nama Depan : amir
  • Nama Belakang : saifudin
  • Situs Web : amir-web.com
  • Sandi : *****
  • Peranan : Pelanggan.

Jika proses input data sudah selesai Anda bisa mensubmit data tersebut ke dalam sistem Wordpress dengan menekan tombol Tambah Pengguna Baru.

Pada Sub-Menu Profil Anda, Anda bisa melakukan editing data pada akun yang sedang Anda gunakan. Pada gambar di atas kita sedang menggunakan akun dengan nama admin. Anda bisa mengedit Nama Depan, Nama Belakang, Nama Panggilan, alamat E-mail, alamat situs-web, info-biografi, updating foto profil, update sandi dan lain-lain. Kemudian Anda bisa mensubmit data yang terbaru dengan menekan tombol Perbarui Profil.

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%