Cara Mudah Memodifikasi Header dan Footer Sitepad

Header dan footer merupakan bagian dari sebuah website yang dapat dimanfaatkan untuk meletakkan informasi penting mengenai sebuah website. Selain itu, Anda juga dapat menempatkan sebuah navigasi untuk mempermudah pembaca (netizen) untuk menemukan hal yang ingin dicarinya dari website Anda. Dengan penempatan yang tepat, header dan footer akan menjadi sesuatu yang sangat menunjang tampilan website dan membuat website lebih profesional.

Sekilas Sitepad

Sitepad adalah sebuah website builder yang dirancang khusus untuk memudahkan banyak orang mendesain websitenya. Fungsi-fungsi dalam Sitepad disajikan dalam bentuk tombol-tombol yang user friendly. Website ini dapat digunakan oleh orang yang belum menguasai bahasa pemrograman sekalipun. No Coding, No Problem.

Mudah dan praktis, itulah yang ditawarkan oleh pihak developer Sitepad. Selain itu, Sitepad juga tidak mengenakan biaya terhadap siapapun yang ingin menggunakannya untuk membuat website. Hanya saja, jika Anda menginginkan sebuah tema dengan fungsi khusus dan tampilan khusus, Anda akan dikenakan biaya dalam jumlah tertentu.

Header adalah bagian dari website yang akan selalu muncul dalam beberapa halaman. Letak header berada di bagian atas dari website. Biasanya di bagian header disematkan informasi dan navigasi tentang website Anda. Bisa juga Anda menambahkan logo dari brand yang Anda miliki.

Footer merupakan sebuah bagian dari website yang biasanya berisi kontak narahubung yang dapat melayani pertanyaan dari konsumen. Pada kolom footer ini, Anda dapat memasukkan informasi berupa nomor telepon aktif (yang bisa dihubungi lewat SMS, telepon, maupun Whatsapp), alamat email, dan bisa juga alamat lokasi kantor.

Masuk ke Pengaturan Umum

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan masuk ke control panel server. Lalu masuk ke menu Softaculos Apps Installer. Setelahnya, Anda dapat masuk ke halaman Softaculous Site Builder. Lalu, masuk ke halaman All Pages. Untuk ilustrasinya dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.

Jika Anda berhasil masuk, maka akan mendapatkan halaman SitePad seperti ilustrasi gambar di bawah ini. Di halaman tersebut, disebutkan bahwa ada halaman Header dan Footer. Klik di bagian ikon pensil untuk masuk ke menu pengeditan.

Modifikasi Header

Cara modifikasi header sangatlah mudah. Klik di ikon pensil yang ada pada bagian Header. Maka akan menemukan halaman seperti gambar di bawah ini. Untuk melakukan perubahan Header, Anda dapat melakukannya dengan Drag and Drop sesuai kebutuhan. Anda juga dapat menambahkan logo produk di bagian Header. Tapi setiap tema akan memiliki pengaturan Header yang berbeda pula.

Modifikasi footer hampir sama dengan editing header. Klik di ikon pensil yang ada di bagian Footer. Maka akan menemukan halaman seperti gambar di bawah ini. Untuk melakukan perubahan Footer, Anda dapat melakukannya dengan Drag and Drop sesuai kebutuhan. Anda dapat memasukkan nomor telepon, alamat email, dan bisa juga diisi dengan sosial media.

Penutup

Demikianlah cara mengedit header dan footer di SitePad. Langkah-langkah di atas dapat dilakukan dengan mudah. Untuk diperhatikan bahwa pada setiap tema akan memiliki pengaturan yang berbeda. Satu tema akan memiliki pengaturan header dan footer yang berbeda pula.

Baca Juga:

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%