Percantik Tampilan dengan Mengganti Tema Wordpress Melalui Smartphone ✍

Berurusan dengan Wordpress kini tak lagi harus dengan membuka Personal Computer (PC) atau laptop. Smartphone sekarang ini sudah dapat Anda gunakan untuk mengganti tema Wordpress di mana saja dan kapan saja. Dengan fleksibilitas ini, kegiatan blogging menjadu lebih mudah.

Tema Wordpress

Tema Wordpress yang Anda gunakan adalah salah satu desain terbaik yang telah Anda pilih. Anda telah menggunakan tema tersebut dalam waktu yang sudah lama. Kelebihan yang ditawarkan tema tersebut sehingga Anda tidak ingin menggantinya dikarenakan tema itu memiliki desain menarik yang sesuai dengan keinginan Anda.

Namun, apa jadinya ketika suatu saat Anda menemukan sebuah tema yang memiliki lebih banyak keunggulan dari tema yang Anda gunakan saat ini. Mungkin saja, tim developer dari tema yang Anda gunakan mulai membuat peraturan baru dengan mewajibkan biaya bulanan dalam mata uang dollar jika ingin menggunakan temanya.

Nah, bagaimana jika Anda mengalami kondisi seperti diilustrasikan di atas? Apakah mengganti tema Wordpress harus lewat PC atau komputer? Tentu saja tidak. Tema Wordpress dapat diganti melalui smartphone. Jadi, ketika Anda berada jauh dari jangkauan PC atau laptop, piranti smartphone dapat dimanfaatkan untuk mengganti tema Wordpress.

Mengganti Tema Wordpress di Smartphone

Untuk mengganti tema Wordpress di smartphone, Anda dapat melakukannya dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Login ke akun Wordpress Anda.

Untuk masuk ke Wordpress, silahkan masukkan link www.wordpress.com di address bar yang biasa Anda gunakan untuk mengakses sebuah URL. Lalu untuk masuk ke halaman login Anda dapat melihatnya dengan klik Menu yang berada di pojok kanan atas (diilustrasikan dengan ikon 3 garis). Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Setelah itu pilih Log In.

Setelah itu akan muncul halaman login seperti ditunjukkan oleh gambar di bawah. Masukkan username yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Alternatif jika Anda lupa username adalah log in dengan menggunakan alamat email yang digunakan untuk pendaftaran Wordpress. Setelah mengisikan username, maka Anda diminta untuk mengisi password seperti gambar di bawah ini. Hal ini akan mudah apabila Anda telah menyimpan data password di handphone Anda

2. Klik di logo Wordpress sebelah pojok kiri atas.

Pada halaman utama Wordpress, Anda akan menemukan setidaknya lima menu yang berada di bagian atas halaman tersebut. Untuk mengakses menu pengaturan tema, Anda dapat klik menu paling kiri (yang ada logo Wordpress). Jika Anda tidak salah klik, maka akan muncul halaman sama seperti tampilan berikut ini.

3. Buka Rancangan → Tema

Di halaman yang sudah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa opsi yang berfungsi untuk mengatur Wordpress. Untuk mengganti tema Wordpress, Anda masuk ke Rancangan → Tema. Setelah itu halaman akan berpindah ke halaman yang berisi kumpulan tema-tema Wordpress yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik tampilan halaman Wordpress.

4. Carilah tema Wordpress yang sesuai dengan keinginan Anda.

Tema Wordpress sudah banyak macamnya. Mulai dari gratis hingga tema berbayar semua ada di Wordpress. Lebih baik apabila Anda menggunakan tema berbayar. Hal ini karena Anda dapat menyesuaikan setelan tema tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Namun, Anda juga dapat mengubah tampilan tema yang tidak berbayar. Kuncinya, Anda harus cermat memilih tema yang ada.

Pilihan tema Wordpress dapat Anda sortir sesuai dengan beberapa kriteria yang Anda inginkan. Fitur ini tentu memudahkan bagi Anda yang sudah mempunyai kriteria khusus terhadap suatu tema. Dengan menggunakan fitur filter ini, Anda dapat menghemat waktu untuk mencari tema yang jumlahnya sudah sangat banyak tersedia. Gambar di bawah ini adalah tangkapan layar pilihan tema-tema Wordpress.

5. Selesaikan dengan pilihan Aktifkan Tema → Sesuaikan.

Jika Anda menemukan sebuah tema yang menurut Anda tepat, tema tersebut dapat ditinjau dulu bagaimana penampakannya. Fitur peninjauan ini sangat membantu Anda sebagai pengelola Wordpress. Karena ketika tema tersebut ternyata tidak cocok, Anda masih bisa menggantinya tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu.

Fitur peninjauan ini dapat Anda aktifkan dengan klik di bagian Buka Demo Langsung. Setelah klik tombol tersebut, maka Anda akan diarahkan menuju halaman demo dari tema tersebut di tab yang baru. Jika ternyata Anda kurang cocok dengan tampilan tema yang ditawarkan, Anda bisa meninggalkan halaman demo tersebut dan berpindah mencari tema lain yang lebih sesuai dengan keinginan Anda.

Saat Anda menemukan sebuah tema yang paling baik di antara yang lainnya, jangan lupa untuk mengaktifkan tema tersebut. Tombol aktivasi tema ada di pojok sebelah kanan halaman tema yang Anda pilih. Tombol ini bertuliskan Mengaktifkan desain.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengganti Tema

Mengganti tema tentunya akan mengakibatkan beberapa penyesuaian terhadap konten-konten yang telah Anda buat sebelumnya. Bisa juga Anda akan membuat gambar backgroun ataupun gambar baru untuk menyesuaikan dengan tema Wordpress yang baru. Maka dari itu, jangan lupa untuk melakukan pengecekan terhadap keseluruhan Wordpress setelah melakukan pergantian tema.

Tema yang tampil baik di versi mobile akan lebih disukai oleh banyak orang dan mesin pencarian. Pastikan tema Anda tampil sempurna ketika diakses melalui perangkat mobile seperti smartphone (baik yang Android maupun iOS) maupun tablet (tab Android maupun iPad). Hal ini penting untuk Anda perhatikan karena ada beberapa tema Wordpress yang tampil di versi desktop (PC maupun laptop) namun tampilannya hancur ketika diakses di perangkat mobile.

Anda juga dapat mengganti beberapa setelan di tema yang sudah Anda pilih. Pengaturan yang dapat dilakukan antara lain dengan mengatur warna tulisan, mengatur jenis tulisan, mengganti background dengan sebuah foto, dan masih banyak pengaturan lain yang bisa dilakukan. Setelan ini akan semakin mempercantik Wordpress yang Anda miliki.

Baca Juga:

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%