7 Keuntungan Berbisnis Online Menggunakan Drupal

Bisnis online dapat dengan mudah dilakukan oleh semua orang. Model bisnis online termasuk model bisnis tanpa memerlukan modal awal yang begitu besar. Drupal dapat membantu Anda dapat menjalankan bisnis online dengan mudah. Anda dapat membuat sebuah website dengan desain yang menarik dan disukai oleh mesin pencari terkenal seperti Google dan Yahoo. Sebuah website yang disukai oleh mesin pencari akan lebih memiliki kesempatan untuk menjadi trending di halaman pertama di mesin pencarian.

Apa Itu Drupal

Drupal adalah salah satu Content Management System (CMS) yang sering digunakan oleh pengembang website di seluruh dunia. CMS satu ini memberikan banyak fitur yang bisa digunakan untuk membuat website berjalan lebih optimal. Website yang dapat berjalan dengan baik akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan website itu sendiri.

Drupal tidak sendirian dalam bisnis CMS di dunia. Ada beberapa CMS serupa yang juga banyak digunakan oleh para pengembang website untuk membangun websitenya. Salah satu CMS terkenal yang mungkin pernah Anda dengar adalah Wordpress. Artikel lengkap tentang wordpress dan serba-serbi membuat website bisa dibaca di sini Tutorial Membuat Website untuk Pemula

Kelebihan dan Kekurangan Drupal

Drupal merupakan sebuah CMS yang juga memiliki kekurangan dan kelemahan. Anda akan menemukan fitur yang dimiliki oleh Drupal namun tidak dimiliki oleh CMS yang lain. Begitu juga sebaliknya, Anda akan menemukan fitur yang ada di CMS lain namun tidak Anda temukan di Drupal.

Beberapa keuntungan Drupal adalah:

  • Sistem arsitektur yang aman dan update keamanan sering dirilis secara berkala.
  • Mudah untuk dikembangkan dan tersedia banyak module yang bisa digunakan untuk menambah kemampuan dari website, sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.
  • Memiliki komunitas yang besar dan dapat memberikan support kepada Anda ketika sebuah masalah terjadi.
  • Mudah untuk diluncurkan melalui hampir semua hosting.
  • Didukung berbagai jenis konten untuk website dari yang simpel hingga kompleks. Berbagai tipe konten mulai dari artikel, job posting dan lainnya.

Setelah menyimak tentang beberapa kelebihan Drupal, berikut ini adalah pemaparan kekurangan Drupal:

  • Untuk membangun website dengan Drupal kamu harus belajar lebih lama dibandingkan dengan mempergunakan CMS WordPress. Tetapi ketika kamu sudah mempelajarinya semuanya akan mudah.
  • Terkadang Drupal dapat menghabiskan banyak resource dari server, jika kita tidak men-tweaknya dengan benar.
  • Mencari pengembang Drupal yang bagus lebih sulit ketimbang mencari pengembang WordPress atau Joomla.

Untuk artikel detail tentang kelebihan dan kekurangan Drupal, bisa melihat artikel berikut ini Kelebihan dan Kekurangan Drupal

7 Keuntungan Berbisnis Online Menggunakan Drupal

Apakah Anda telah yakin ingin menggunakan Drupal sebagai CMS? Atau masih ada sesuatu yang membuat Anda berpikir ulang tentang CMS ini? Berikut ini adalah 10 keuntungan menggunakan Drupal untuk pengembangan bisnis online Anda:

  1. Drupal memiliki beragam tema bisnis yang dapat Anda gunakan.
  2. Tema bisnis Drupal sangat cocok dengan trend saat ini. Hal ini didukung dengan pemilihan warna dan font yang menarik sehingga tidak ketinggalan zaman.
  3. Ukuran file tema Drupal cukup ringan. Anda dapat menghemat banyak space memori di server.
  4. Tema yang diusung Drupal cukup mobile friendly. Dengan demikian, website Anda akan semakin memiliki kesempatan untuk diakses oleh banyak orang karena trend saat ini menunjukkan bahwa penggunaan perangkat mobile seperti smartphone sedang tinggi dan akan semakin tinggi.
  5. Desainer-desainer website membandrol harga temanya dengan harga yang terjangkau. Semakin terjangkau harga, semakin baik pula Anda mengatur anggaran untuk pengembangan bisnis online.
  6. Tim support Drupal dapat dihubungi setiap saat. Ketika Anda mengalami kendala dalam penggunaan Drupal, tim support dapat dihubungi untuk segera menyelesaikan kendala tersebut. Bisnis online Anda akan berjalan normal kembali dengan cepat setelah terjadi masalah.
  7. Drupal akan membuat website Anda tampil di halaman pertama mesin pencarian semacam Google dan Yahoo.

Mulai Gunakan Drupal

Instalasi Drupal sangat mudah dilakukan. Anda dapat melakukannya secara mandiri ataupun dengan bantuan tim support dari jasa web hosting yang Anda gunakan. Jika Anda tidak ingin mengalami kesulitan dalam instal Drupal, berikut ini langkah yang dapat Anda lakukan untuk mempermudah instalasi Drupal:

  1. Tentukan Nama Domain: dalam memulai sebuah bisnis, nama merupakan salah satu hal krusial yang harus dipikirkan. Begitu juga halnya dengan nama domain. Nama ini akan terpasang seumur hidup bisnis tersebut dan sulit untuk diubah. Anda dapat memilih nama domain sesuai dengan keinginan Anda.
  2. Memilih Server yang Tepat: setelah memilih nama domain, tentukanlah sebuah server yang mudah dalam pelayanan dan memberi banyak potongan harga setiap harinya. Salah satu server yang bagus dalam pelayanan dan memberi banyak diskon adalah Jogjahost.
  3. Saat memesan server, Anda bisa meminta untuk memasangkan Drupal kepada tim support. Maka otomatis Drupal akan terinstal untuk Anda.
  4. Setelah Drupal terinstal, Anda dapat membuat website dengan segala kreativitas yang Anda miliki.

Baca Juga:

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%