Pentingnya Mengenal Blogger dan Blogspot

Pengertian Blogger dan Blogspot

Secara umum, blogger lebih dikenal dengan nama blogspot karena layanan website yang dihasilkan oleh blogger ini akan memiliki nama blogspot.com sebagai hasilnya. Tidak heran jika nama blogspot lebih dikenal dibanding nama blogger itu sendiri. Sedangkan untuk nama blogger lebih banyak digunakan untuk mengatakan "ngeblog". Sebagai pengenalan aktivitas blog didunia maya, blogger ini adalah pelopornya. Tidak heran jika blogger kemudian diakuisisi oleh Google untuk bisa bergabung. Blogger dibuat oleh Pyra Labs.

Daftar Isi  Pengertian Blogger dan Blogspot
 Kelebihan dan Kekurangan Blogger dan Blogspot
 Manfaat dan Fungsi Blogger dan Blogspot
 Cara Membuat Blogger dan Blogspot untuk Pemula
 Cara Membuat Template
 Cara Mengganti Font
 Cara Mengupload Gambar dan Video
 Cara Membuat “Read More” atau “Lanjutkan Membaca”

Kelebihan dan Kekurangan Blogger atau Blogspot

Istilah "ngeblog" sudah sangat akrab ditelinga kita, mengingat sekarang ini dunia digital sudah sangat mendunia dan banyak dipakai oleh masyarakat luas. Diary Online ini memang sangat mendukung berbagai aktivitas kita baik itu untuk mengumpulkan hobi, memberikan informasi atau bisa juga sebagai iklan gratis yang bisa membangun rasa optimis. 

Aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang tentunya akan memberikan keuntungan bagi penggunanya. Silakan simak penjelasan berikut agar bisa lebih terbuka lagi mata hatinya. 

Kelebihan

Beberapa kelebihan Blogger ini antara lain: @ Bisa memiliki banyak blog dalam satu akun
Bagi Anda yang suka membuat banyak blog, cocok nih dengan blogger. Kita tidak usah membuat banyak email, cukup dengan satu email saja sudah dapat membuat blog sebanyak yang kita mau. Bila perlu buat 100 akun juga siap.

@ Tampilan Simple dan Sederhana
Blogger sudah memiliki tampilan bawaan yang sudah sangat bagus, baik template atau beberapa pengaturannya yang ada didalamnya sangat simple dan sederhana sehingga mudah digunakan untuk siapa saja.

@ Mudah melakukan teknik SEO Aplikasi ini sangat mendukung gerakan search engine optimazation(SEO) sehingga akan sangat memungkinkan blog kita berada pada posisi halaman paling depan.

@ Mudah diedit Meski sudah ada banyak pengaturan bawaan, namun jika kita mau belajar sedikit koding maka akan banyak perubahan dalam blog yang akan membuat blog Anda semakin cantik dan manis. Baik dari segi tampilan, posisi, ukuran semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

@ Milik Google Sudah sejak tahun 2003 blogger ini sudah resmi menjaid milik google, sehingga dalam beragamkeperluan dan kebutuhan akan sangat memudahkan. Apabila kita sudah memiliki akun gmail, maka dapat terkoneksi dengan baik dan mendukung share dengan beragam teman yang sudah ada di email.

@ Tersedia layanan Bahasa Indonesia Aplikasi ini menyediakan Bahasa Indonesia sebagai salah satu pilihan sehingga akan memudahkan para pengguna yang tidak begitu paham dengan Bahasa Inggris.

@ Bisa dipasang banyak iklan Jenis blog yang satu ini bisa dengan mudah menampilkan beragam iklan apa saja.

*Kekurangan

Seperti sebuah aplikasi pada umumnya, aplikasi blogger ini juga memiliki beberapa kekurangan antara lain: @ Template bawaan sangat sederhana Sesuai dengan tampilan awal yang ada dalam kelebihan aplikasi ini, meski sudah bagus dan tertata. Template yang dihasilkan masih sangat minim sekali. Baik warna atau bentuk sangat sederhana sekali.

@ Statistik kurang tepat Aplikasi bawaan dari google inimemang cukup asik dan menarik, hanya saja akan kurang pas jika digunakan untuk hal yang lebih komersil sebab statistik yang dilakukan kurang tepat dan kurang akurat. Coba bandingkan dengan google analitik dan histast lihat saja akan ada hasil berbeda.

@ Harus Mengikuti Peraturan Namanya juga aplikasi sederhana dan gartis, maka kita harus patuh pada beragam aturan yang sudah ada.

Nah,kamu tidak perlu khawatir meski ada beberapa kekurangan yang ada dalam blog ini kita tetap bisa menggunakan secara maksimal kok. Buktinya, banyak juga yang  berhasil memasarkan produk dengan omset yang cukup besar hanya dengan layanan gratis ini. 

Manfaat dan Fungsi Blogger

Hal ini sesuai dengan fungsi dan manfaat dari blog itu sendiri. Tiap orang tentu memiliki tujuan sendiri sehingga akan membuat manfaat dan fungsi dari blog ini juga akan berbeda.

Manfaat Blogger secara umum dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Managemen Data Sebuah blog dapat menyimpan semua data dengan baik, baik data yang sudah ditampilkan atau data yang belum ditampilkan. Demikian juga dengan blogger yang satu ini, bahkan kita juga bisa mengurutkan sesuai waktu, nama atau apa saja.

  2. Mengatur Siklus Hidup Server Semacam ekosistem kehidupan, sebuah aplikasi CMS memberikan fasilitas kepada pada pengguna untuk mengelola bagian atau isi yang akandi tampilkan. Inilah yang disebut dengan siklus hidup server, ada sebuah pola waktu, tempat, urutan dan sebagainya.

  3. Mendukung web templating dan standarisasi Aplikasi ini dapat mendukung web templating, artinya setiap halaman server yang dihasilkan berasal dari template yang terlebih dahulu disediakan oleh CMS. Semua yang ada CMS ini sudah memiliki standarisasi yang tidak perlu diperdebatkan lagi.

  4. Personalisasi Server Dengan adanya personalisasi server ini, isi dapat ditampilkan sesuai keinginan dan kebutuhan penggunanya. Kita bisa memilih dan memilah sesuai kebutuhan dan keinginan.

  5. Sindikasi Aplikasi ini memberikan kebebasan untuk membagikan isinya pada server-server yang lain. Jadi, kita bisa mengeshare berbagai konten dengan bebas pada siapa saja.

  6. Akuntabilitas Dapat mendukung alur kerja dan hak akses yang jelas pada para pengguna dengan bebas. Pengguna diberi kebebasan sekaligus kewenangan untuk bisa mengakses alur kerja “semau gue”

Fungsi Wordpress

  1. Mengelola website pribadi Aplikasi CMS yang satu ini jelas seperti fungsi utamanya bisa membuat website pribadi atau lebih akrab disebut degan blog. Kita bisa menulis apa saja tanpa batas. Dapat dikatakan aplikasi

  2. Mengelola website perusahaan/bisnis Aplikasi ini bisa membuat website bisnis atau perusahaan. Bergantung pada situasi atau kondisi yang diperlukan. Bisa dipadukan dengan hosting berbayar dan dikelola menggunakan koding yang cukup profesional.

  3. Protal atau website komunitas Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk sebuah portal web. Baik itu untuk kepentingan pemerintah, daerah, komunitas, lembaga atau yayasan. Bagi Instansi, aplikasi ini bisa digunakan sebagai portal halaman, meski sederhana sudah cukup untuk beberapa instansi yang butuh sebuah web sebagai wadah informasi.

  4. Galeri foto, dsb Aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai galeri untuk menyimpan sekaligus menampilkan beragam foto dan video. Bisa berupa foto atau video pribadi, bisa juga beragam foto komunitas dan beragam kepentingan yang lain.

  5. Forum Seperti halnya dengan beragam blog atau halaman lain, aplikasi ini bisa juga digunakan sebagai salah satu forum diskusi atau pertemuan berbagai kategori. Bisa mengumpulkan beberapa cerpen, puisi, pecinta anime atau beragam forum lain yang ingin dibentuk.

  6. Aplikasi E-commerce Aplikasi ini sangat cocok dan mendukung e-commerce yang akan memudahkan kita dalam melakukan bisnis atau iklan secara online. Secara berkelanjutan, aplikasi ini akan mendatangkan uang secara otomatis.

Cara Membuat Blogger dan Blogspot untuk Pemula
Cara Membuat Template
Cara Mengganti Font
Cara Mengupload Gambar dan Video
Cara Membuat “Read More” atau “Lanjutkan Membaca”

Baca juga: Tutorial Membuat Website

Baca Juga:

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%