7 Alasan Mengapa Email Tidak Terkirim

Terkadang sebuah email mengalami suatu kendala yang sepele namun ternyata membuat email menjadi error atau kurang pas dengan kebutuhan

Ada beberapa alasan mengapa sebuah email itu tidak bisa terkirim. Kondisi ini tentu sangat menjengkelkan mengingat mengirim sebuah email itu sangat penting demi kelancaran bisnis dan pekerjaan kita. Hanya saja terkadang ada beberapa kendala yang membuat kita kurang pas dalam menempatkannya dan justru membuat aktivitas kita malah menjadi terganggu.

Nah, pada kesempatan yang indah ini saya akan memberikan ulasan mengenai “7 Alasan Mengapa Email Tidak Terkirim” kira-kira apa saja alasan tersebut mari simak wacana berikut ini:

1. Salah Alamat Bisa jadi alamat email yang kamu tulis salah atau kurang pas. Terkadang huruf kapital dan huruf kecil pada sebuah email akan sangat berpengaruh. Ada juga masalah typo yang ada pada hape atau komputer yang kamu pakai sehingga membuat invalid email addreess.

2. Mail Box Penuh Alasan kedua yang terjadi pada email kamu bisa saja karena inbox sudah penuh sehingga tidak bisa menerima atau mengirim email. Oleh karena itu kita harus senantiasa membersihkan email secara rutin. Pilih email yang sudah tidak penting lagi sehingga kita bisa melakukan akses email baik masuk atau keluar email.

3. Melebihi Batas Kapasitas Email
Layanan email biasanya memiliki batasan kapasitas seperti 2 MB atau 5 MB pada bagian lampiran. Apabila file yang hendak kamu kirim memang cukup besar maka bisa dicompress terlebih dahulu agar volume bisa menjadi lebih kecil. Kamu bisa menggunakan winrar atau zip terlebih dahulu sehingga akan memudahkan pengiriman.

4. Server sedang dalam perbaikan atau down
Terkadang dan bisa saja terjadi dari 10 kali perlakukan ada 1 kali perlakuan yang tidak bisa diakses. Dan kebetulan kondisi ini terjadi pada email Anda. Karena itulah jasa hosting berani memberikan jaminan uptime server sebesar 99% uptime per bulan.

5. Rejected By System atau Balasan Otomatis
Kendala email kiriman karena rejected by system menandakan bahwa email kamu kirim masih tertahan. Bisa jadi layanan penyedia email yang hendak kamu kirim sengaja memberikan batas waktu yang sudah ditentukan. Biasanya settingan semacam ini ada pada perusahaan tertentu yang sedang off pada jam malam atau hari libur sehingga layanan email akan on kembali pada waktu jam kerja.

6. Akun Tidak Aktif
Account disabled atau disebut juga akun tidak aktif akan menolak sebuah email masuk sehingga email yang kamu kirimkan akan tertahan atau tertolak. Biasanya akun email yang sudah aktif selama 6 bulan berturut-turut akan mati secara otomatis. Akun ini masih bisa digunakan asal pemilik melakukan reset ulang pada akunnya.

7. Penyebab Lainnya
Bounces yang tidak memberikan penjelasan berarti akan terjadinya email yang terpantul maka akan masuk dalam kategori ini. Untuk itu sangat penting memilih mail server yang kamu gunakan. Layanan hosting server yang bisa membuat email stabil salah satunya yakni JogjaHost.


    

Kondisi bounce hanya akan menggangu aktivitas email dan hanya akan menjadi sampah saja. Sebaiknya aktifkan email secara berkala dan perhatikan 5 hal penting berikut.

  • Perhatikan waktu pengiriman
    Kirim email pada jam kerja akan lebih efektif dan bisa membangun kinerja lebih efektif. Akan lebih baik lagi jika menyesuaikan waktu jika alamat yang kamu kirim berada di belahan bumi lain di ujung sana.

  • Bersihkan contact list
    Membersihkan contact list secara berkala akan membuat akun email yang kamu miliki lebih stabil. Apabila kamu menerima bounce dari email yang sama maka segera hapus “do not mail list” kontak.

  • Gunakan doble opt-in Cara ini bisa berfungsi untuk konfirmasi email yang sudah berlangganan. Dengan menggunakan doble opt-in ini dapat memastikan bahwa pelanggan mau menerima email yang kamu kirimkan.

  • Pantau email delivery rates secara berkala Melakukan pantauan terhadap email delivery rates secara berkala akan menghambat beberapa kerusakan yang mungkin terjadi.

  • Gunakan mail server yang aman Menggunakan server email dari layanan JogjaHost akan membuat aktivitas yang kamu lakukan makin aman.

#SWD

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%