Pentingnya Mengenal Wordpress

Mengenal sebuah wordpress sangat penting dan harus dilakukan mulai dari sekarang. Yuk kenali cms yang satu ini

Pentingnya Mengenal Wordpress

Mengapa mengenal aplikasi bernama wordpress ini dianggap penting dan wajib bagi para pengembang bisnis? Sebab, sebuah bisnis yang stabil sebaiknya bisa mengikuti perkembangan ilmu dengan baik. Perkembangan ilmu ini bisa kita lakukan mulai dengan melakukan hal sederhana seperti membuat blog atau iklan secara online. Nah, iklan yang tepat dan pas yakni membuat blog menggunakan wordpress. Lalu, mengapa harus wordpress bukan yang lain? Kan ada tuh blog gratis lain yang juga lebih mudah dibuat dibanding wordpress. Iya benar, hanya saja aplikasi ini lebih stabil dan efektif digunakan sebagai web jangka panjang. Meski agak sedikit rumit, aplikasi ini tetap bisa diandalkan dengan mudah.

1. Pengertian Wordpress

Menurut wikipedia adalah salah satu aplikasi sumber terbuka yang bisa digunakan untuk mesin blog. Banyak yang sudah menggunakan aplikasi ini untuk bisnis, untuk memberikan ilmu, berbagi ilmu atau para petualang yang suka membuat buku harian tentang perjalannya lebih memilih menggunakan aplikasi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa aplikasi ini memang lebih pas dan komplit sehingga akan lebih stabil jika sudah berjalan cukup lama. Tidak heran jika 7 dari 9 orang lebih memilih menggunakan wordpress dibanding aplikasi lain.

 Pengertian Wordpress
 Jenis Wordpress  Kelebihan dan Kekurangan Wordpress
 Manfaat dan Fungsi Wordpress
 Cara Membuat Wordpress untuk Pemula
 Cara Membuat Template
 Cara Mengganti Font
 Cara Mengupload Gambar dan Video
 Cara Membuat “Read More” atau “Lanjutkan Membaca”

Menggunakan wordpress ini sebenarnya sangat mudah dan gampang. Hanya saja kita memang harus bisa mengikuti perkembangan ilmu dan pembaharuan yang ada di wordpress sehingga tidak ketinggalan zaman.

2. Jenis Wordpress Ada dua jenis domain wordpress yang bisa digunakan dan keduanya merupakan layanan gratis. Hanya saja dua nama tersebut memiliki fungsi dan layanan yang berbeda.

  • Wordpress.com
    Situs layanan yang menggunakan nama wordpress.com pada bagian belakang digunakan bagi mereka yang hanya ingin menggunakan blog secara sederhana dan tidak ada tambahan apapun. Meski demikan, fitur dan tampilan yang diberikan oleh wordpress.com sudah sangat bagus dan lengkap.

  • Wordpress.org
    Situs layanan yang menggunakan nama wordpress.org pada bagian belakang digunakan bagi mereka yang ingin mengubah tampilan dan layanan secara penuh. Disini para programer biasanya mengembangkan kemampuan kodingnya untuk melakukan kretifitas. Disini, kita bisa mengunduh berkas CMS WordPress secara penuh. Kemudian CMS ini bisa diubah dalam PHP, CSS dan skrip lain.

3. Kelebihan dan Kekurangan Wordpress

Sebuah aplikasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan membuat kita bingung untuk menentukan pilihan. Nah, sebelum mencoba dan membuka aplikassi tersebut sebaiknya kenali dulu yuk kelebihan dan kekurangan pada uraian dibawah ini.

bisa digunakan

Kelebihan Wordpress

Wordpress memiliki banyak keunggulan dan fitur yang lengkap guna sehingga bisa digunakan oleh siapa saja termasuk juga para pemula.

  • Gratis
    Aplikasi memiliki layanan gratis yang tentu saja akan menguntungkan kita sebagai pengguna. Jika memang aplikasi ini gratis, lalu bagaimana mereka mendapatakan uang? Tentu saja rumus ini sama dengan rumus yang digunakan oleh google. Yang jelas, dengan aplikasi gratis dan penuh dengan fitur yang asik dan menarik ini bisa mewujudkan mimpi kita untuk membuat website yang menjual. Arti menjual disini yakni bisa mengundang banyak pengunjung sehingga tertarik untuk membeli produk kita.

  • Berbasis kode (open source)
    Aplikasi ini memiliki banyak kode yang bisa didapatkan dengan mudah. Apabila ada pengguna yang bisa mengembangkan lebih lanjut maka aplikasi ini sangat cocok sekali.

  • Template dan desain mudah
    Bagi yang sudah tahu mengenai sistem html maka bisa menggunakan wordpress ini dengan mudah.

  • Pengoperasiannya mudah Cara membuat dan masuk ke aplikasi semudah membuat email pada umumnya, sehingga kita tidak butuh beragam kerumitan yang akan menyulitkan. Sudah ada fasilitas tema, template dan beragam pilihan fitur yang akan memudahkan kita dalam membuat sebuah webblog nantinya.

  • Bisa digunakan untuk banyak orang
    Aplikasi ini bisa digunakan secara kelompok, sehingga jika ingin membangun sebuah bisnis menggunakan layanan ini sangat cocok sekali.

  • Bisa dipadukan dengan hosting berbayar
    Terkadang bagi pengguna yang ingin mengganti hosting dengan yang lebih canggih dan berbayar akan ketakutan data yang ada dalam aplikasi sebelumnya akan hilang. Wordpress ini sangat ramah dan bersahabat sehingga bisa dipadukan dengan hosting berbayar tanpa harus takut data hilang.

  • Tersedia banyak plugin
    Plugin yang ada di Wordpress sangat banyakdan terus mengalami perkembangan dengan baik sehingga membuat aplikasi ini tidak ketinggalan zaman.

  • Tersedia permalink
    Alat ini akan mendukung mesin pencari menemukan blog dengan mudah sehingga akan mengikuti alogaritma google dengan cepat.

  • Mendukung banyak kategori
    Wordpress ini bisa digunakan untuk beragam kategori tanpa batas. Mau berapa item yang akan Anda masukkan dalam website boleh. Misalnya Anda ingin memasukkan 100 kategori misalnya, boleh sekali dan pasti bisa. Hanya saja Anda juga harus memastikan tampilan dan wacana yang jelas agar semua bisa terkondisikan dengan baik.

  • Ada fasilitas Trackback dan Pingback
    Trackback artinya sebuah sistem untuk memberitahu kepada si pemilik webblog bahwa kita memiliki tema yang sama sehingga bisa untuk saling menautkan wacana. Sedangkan Pingback yakni sebuah sistem yang memberitahu bahwa kita menautkan webblog tersebut pada web kita sehingga keduanya saling bertautan.

  • Mendukung LaTex
    LaTex adalah salah satu bahasa markup biasa disebut dengan sistem penyiapan dokumen untuk perangkat lunak Tex.

  • Halaman statis Halaman statis adalah halaman independen, artinya halaman ini sifatnya berdiri sendiri dan tidak terikat oleh waktu dan bukan bagian dari urutan posting waaupun cara penggunannya sama seperti kita membuat artikel pada halaman dinamis (pos). Dapat dikatakan halaman statis ini tidak masuk ke dalam arsip blog.

  • Fasilitas format teks dan gaya teks
    Wordpress sudah meyediakan fitur teks yang cukup lengkap mulai dari italic, bold atau rata kanan kiri semua tersedia sehingga memudahkan dalam membuat sebuah artikel.

  • Custom Domain
    Bisa memilih nama domain dengan bebas sehingga bisa terlihat lebih profesional.

Kelemahan

Meski memiliki banyak keunggulan, sebuah aplikasi juga tentu memiliki kelemahan. Wordpress ini memiliki kelemahan pada sistem yang terasa lambat atau berat jika memuat kapasitas yang cukup tinggi. Untuk itu, pengguna butuh membeli sebuah hosting agar data dan kualitas yang ada didalamnya terjamin dan aman. Lalu akan munculsebuah pertanyaa: apakah jika tidak didukung dengan membeli hosting maka data yang ada pada web akan hilang? Jawabnya, tentu tidak. Hanya saja kita akan sedikit kerepotan jika sudah memiliki data yang cukup banyak karena ketika membuka web terasa lama sekali. - kemampuan untuk memunculkan html, xhtml dan css masih standar.

https://id.wordpress.com/create/

Manfaat dan Fungsi Wordpress
Sudah menjadi rahasia umum bahwa wordpress ini merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang banyak digunakan oleh banyak orang. Sejak Matt Mullenweg menciptakan program ini pada tahun 2003, aplikasi ini sudah menjadi perhatian khusus dimata masyarakat karena cukup stabil dan mudah dipadukan dengan gaya dan cara tertentu. Ada banyak CMS lain yang memang lebih mudah dan lebih banyak digunakan, hanya saja untuk wordpress ini lebih bisa diandalkan.

Seperti yang sudah tertera dalam (Pentingnya Mengenal Wordpress) aplikasi ini memiliki banyak kelebihan yang akan membuat kita “betah” menggunakan dengan “nyaman”. Dengan banyak kelebihan itu, aplikasi ini memiliki beberapa manfaat antara lain:

  1. Managemen Data Semua data dapat disimpan dengan baik melalui aplikasi ini,baik data yang sudah ditampilkan atau data yang belum ditampilkan. Bahkan kita juga bisa mengurutkan sesuai waktu, nama atau apa saja.

  2. Mengatur Siklus Hidup Server Semacam ekosistem kehidupan, sebuah aplikasi CMS memberikan fasilitas kepada pada pengguna untuk mengelola bagian atau isi yang akandi tampilkan. Inilah yang disebut dengan siklus hidup server, ada sebuah pola waktu, tempat, urutan dan sebagainya.

  3. Mendukung web templating dan standarisasi Aplikasi ini dapat mendukung web templating, artinya setiap halaman server yang dihasilkan berasal dari template yang terlebih dahulu disediakan oleh CMS. Semua yang ada CMS ini sudah memiliki standarisasi yang tidak perlu diperdebatkan lagi.

  4. Personalisasi Server Dengan adanya personalisasi server ini, isi dapat ditampilkan sesuai keinginan dan kebutuhan penggunanya. Kita bisa memilih dan memilah sesuai kebutuhan dan keinginan.

  5. Sindikasi Aplikasi ini memberikan kebebasan untuk membagikan isinya pada server-server yang lain. Jadi, kita bisa mengeshare berbagai konten dengan bebas pada siapa saja.

  6. Akuntabilitas Dapat mendukung alur kerja dan hak akses yang jelas pada para pengguna dengan bebas. Pengguna diberi kebebasan sekaligus kewenangan untuk bisa mengakses alur kerja “semau gue”

  7. Dari Segi Pribadi

  8. Perusahaan 3.

Fungsi Wordpress 1. Mengelola website pribadi Aplikasi CMS yang satu ini jelas seperti fungsi utamanya bisa membuat website pribadi atau lebih akrab disebut degan blog. Kita bisa menulis apa saja tanpa batas. Dapat dikatakan aplikasi

  1. Mengelola website perusahaan/bisnis Aplikasi ini bisa membuat website bisnis atau perusahaan. Bergantung pada situasi atau kondisi yang diperlukan. Bisa dipadukan dengan hosting berbayar dan dikelola menggunakan koding yang cukup profesional.

  2. Protal atau website komunitas Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk sebuah portal web. Baik itu untuk kepentingan pemerintah, daerah, komunitas, lembaga atau yayasan.

  3. Galeri foto, dsb Aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai galeri untuk menyimpan sekaligus menampilkan beragam foto dan video. Bisa berupa foto atau video pribadi, bisa juga beragam foto komunitas dan beragam kepentingan yang lain.

  4. Forum Seperti halnya dengan beragam blog atau halaman lain, aplikasi ini bisa juga digunakan sebagai salah satu forum diskusi atau pertemuan berbagai kategori. Bisa mengumpulkan beberapa cerpen, puisi, pecinta anime atau beragam forum lain yang ingin dibentuk.

  5. Aplikasi E-commerce Aplikasi ini sangat cocok dan mendukung e-commerce yang akan memudahkan kita dalam melakukan bisnis atau iklan secara online. Secara berkelanjutan, aplikasi ini akan mendatangkan uang secara otomatis.

Aplikasi ini direkomendasikan untuk - bisnis pemula - bisnis profesional

Baca juga: Tutorial Membuat Website

Baca Juga:

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%