Cara Membuat Website untuk Pemula

Pada dasarnya membuat sebuah website itu mudah dan cepat, melalui tutorial ini kamu akan bisa lebih tertata dalam memilih platform atau cms

Ilustrasi Membuat Website

Daftar Isi: . Pengantar . Framework Instan untuk Membuat Website . Kelebihan dan Kekurangan Framework Instan . Pengenalan Sedikit Framework Tingkat Lanjutan untuk Membuat Website . Kesimpulan

Pengantar

Bisnis anda sedang melakukan kegiatan marketing dan ingin mengiklankan melalui website? Atau Anda adalah pemilik sebuah startup yang ingin melakukan scale up startup yang sedang Anda rintis? Lalu Anda berencana untuk membuat website agar produk anda menjadi lebih dikenal dan sekaligus ingin melakukan branding terhadap merk Anda?

Atau anda seorang yang hobi menulis, hobi memasak, atau hobi melakukan travelling? Dan Anda suka menuangkan apa saja kegiatan tersebut ke dalam sebuah website agar dapat berbagi dengan orang lain (dan mungkin mengharapkan tambahan penghasilan melalui AdSense dalam tulisan tersebut)?

Jika Anda mengalami hal-hal tersebut, maka membuat website untuk menjawab segala kebutuhan Anda adalah sebuah langkah yang baik untuk Anda kerjakan. Membangun website tidak mengharuskan Anda untuk menguasai bahasa-bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, Javascript, dan lainnya yang membuat hari Anda menjadi melelahkan karena harus berurusan dengan syntax-syntax yang rumit dan banyak macam tentunya.

Sekarang telah tersedia berbagai macam framework instan untuk memulai membuat website. Anda hanya perlu mendesain dan menyesuaikan tema-tema yang terdapat dalam framework instan tersebut ke dalam website Anda. Sisanya, Anda bisa berfokus pada konten yang akan Anda sampaikan kepada para pembaca ataupun target market yang ingin Anda tuju.

Framework instan yang terdapat di internet sangat menguntungkan untuk Anda yang pemula dalam dunia website. Beberapa keuntungan yang kita dapat jika menggunakan framework instan untuk membuat website adalah

Semakin anda sering berlatih menggunakan framework-framework instan tersebut, semakin menarik desain yang Anda buat. Desain yang menarik tentunya membuat traffic pengunjung website akan semakin meningkat. Peningkatan jumlah traffic pengunjung akan dihitung oleh mesin pencari seperti Google dan Yahoo dalam hitungan tertentu yang nantinya membuat website Anda akan muncul pada halaman pertama di mesin pencari.

Setelah mengenal sedikit tentang bagaimana cara membuat website dan mengetahui manfaat dari website untuk kehidupan berbisnis Anda, mari sekarang untuk membahas bagaimana cara membuat website.

Langkah yang dapat digunakan dalam membangun website adalah 1. Pilih framework yang ingin anda gunakan. 2. Lakukan proses pendaftaran di framework tersebut agar Anda dapat menggunakan fasilitas yang disediakan oleh framework. 3. Pilih tema-tema yang mendukung brand Anda. 4. Mulailah untuk membuat content kreatif dalam website.

Langkah-langkah di atas adalah langkah-langkah umum dalam membuat website dengan framework instan. Kemungkinan setiap framework memiliki proses-proses tertentu yang harus Anda lewati yang berbeda dengan apa yang disampaikan dalam tulisan ini.

Berikut ini akan dibahas singkat tentang beberapa framework instan, kelebihan menggunakan framework tersebut, dan pada bagian akhir terdapat kesimpulan untuk membantu Anda melakukan review.

Framework Instan untuk Membuat Website

Kelebihan Menggunakan Framework Instan

Kelebihan - Tidak perlu menguasai bahasa pemrograman - Proses lebih cepat - Pilihan tema yang beragam - Fokus pada konten karena tampilan website sudah terprogram - Banyak pilihan tool yang bisa digunakan

Kesimpulan

Nama Istilah Keterangan
Bahasa pemrograman dalam Website Sebuah bahasa di mana bahasa yang dimengerti manusia akan diubah menjadi bahasa yang dimengerti mesin sehingga akan memunculkan tampilan di website
Macam Bahasa pemrograman HTML (Hyper Text Markup Language, Apa itu HTML), CSS (Cascading Style Sheet, Apa itu CSS), Javascript (Apa itu Javascript), PHP (Personal Home Page)Apa itu PHP
Framework Instan untuk Membuat website Wordpress, Blogger, Joomla. Beberapa contoh Framework tersebut menghadirkan kemudahan untuk Anda dalam membuat website.
Framework Tingkat Lanjutan Membuat website dengan bahasa-bahasa pemrograman yang telah kita susun mandiri dengan syntax-syntax tertentu.

Baca juga: Tutorial Membuat Website

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%