Apa itu Wordpress Komentar (Pengertian, Setting, Plugin)

Wordpress Komentar adalah tempat di mana Anda dapat mengatur tampilan kolom komentar. Anda juga dapat mencegah komentar berbau spam.

Wordpress Komentar Adalah

Wordpress komentar adalah sebuah menu di wordpress yang memungkinkan Anda untuk melihat ringkasan data berupa komentar-komentar yang ada di postingan Anda. Di menu komentar, Anda akan menemukan banyak fitur yang memungkinkan Anda untuk melakukan review terhadap komentar apa saja yang masuk ke dalam sebuah postingan.

Selain dapat melihat komentar dari pembaca postingan, Anda juga dapat melakukan beberapa pengaturan untuk mempermudah pekerjaan Anda. Pengaturan ini memungkinkan Anda untuk melakukan blocking terhadap suatu kata khusus sehingga kata tersebut tidak akan tampil di bagian komentar.

Berikut ini adalah tampilan halaman pengaturan komentar di wordpress. Pada awal Anda memulai membangun sebuah website, secara default maka di pengaturan komentar wordpress hanya terdapat satu posting “Hello World” dengan satu komentar di dalamnya. Jika sudah ada beberapa posting di wordpress Anda, maka akan ada list posting beserta jumlah komentar yang ada.

Setting Komentar Wordpress

Setting (dalam Bahasa Indonesia biasa disebut Pengaturan) memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan tertentu sesuai dengan preferensi Anda. Komentar-komentar yang sekiranya tidak sesuai dengan keinginan Anda dan sangat melenceng dari materi yang sedang Anda bahas di postingan dapat Anda hilangkan dari website. Komentar berisi ujaran kebencian dan hoax pun juga dapat Anda minimalisir.

Untuk dapat melakukan pengaturan komentar, maka Anda dapat mengarahkan ke sebelah kiri yang bertuliskan Bulk Action. Di Bulk Action tersebut, ada beberapa pilihan seperti: Unapprove, Approve, Mark as Spam, dan Move to Trash. Setelah memilih satu dari empat perintah tersebut, jangan lupa untuk klik tombol Apply untuk mengaktifkan perintah.

Berikut ini penjelasan dari pengaturan komentar tersebut:

  • Unapprove: Fungsi ini untuk tidak menyetujui komentar yang dituliskan oleh seseorang di website Anda. Ketika menggunakan fungsi ini, maka komentar sebenarnya ada di database tapi tidak dimunculkan di postingan wordpress.
  • Approve: Fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi unapprove. Komentar yang sebelumnya Anda unapprove lalu approve, maka komentar akan muncul lagi.
  • Mark as Spam: Dengan fungsi ini, komentar akan ditandai sebagai spam. Komentar yang termasuk spam biasanya memiliki template yang sama dan dituliskan di beragam website.
  • Move to Trash: Komentar ini adalah untuk menghapus komentar dari database.

Moderasi Komentar Wordpress

Moderasi dapat membuat komentar akan tampil seperti yang Anda inginkan. Anda dapat melakukan editing pada sebuah komentar yang Anda rasa tidak sesuai aturan yang telah Anda tetapkan. Komentar juga dapat diedit sebelum tampil ke khalayak umum.

Jika Anda memilih pilihan edit komentar, maka Anda akan menjumpai sebuah halaman seperti gambar di bawah ini. Di dalam halaman tersebut Anda dapat melakukan pengeditan terhadap komentar-komentar yang menyesatkan dan kurang baik bagi pembaca yang lainnya. Menu edit komentar ini hanya berlaku untuk komentar yang Anda tulis sendiri dan tidak berlaku untuk komentar dari pengunjung wordpress.

Spam di Wordpress Komentar

Spam saat ini sangat merugikan banyak orang. Spam ini sudah terwujud dengan bentuk komentar, email, sms, dan masih banyak lagi bentuk spam lainnya. Spam komentar dapat merugikan Anda sebagai pemilik sebuah website. Secara tidak langsung spam akan mempengaruhi value dari halaman wordpress Anda.

Anda dapat melakukan pencegahan spam dengan melakukannya secara manual dengan menghapus semua komentar spam yang terdapat di wordpress. Kelebihan dari proses filter komentar spam secara manual adalah Anda dapat memilah-milah komentar mana yang termasuk spam dan mana komentar yang tidak termasuk spam.

4 Plugin Anti Spam di Wordpress

Selain secara manual, Anda dapat melakukan filter spamming dengan cara otomatis. Cara otomatis ini biasanya dibantu oleh sebuah plugin yang sudah banyak tersedia di wordpress. Berikut ini adalah plugin-plugin yang dapat Anda gunakan untuk mencegah spam di wordpress.

  1. Akismet

    Akismet sudah mulai memberantas spam sejak tahun 2005 yang lalu. Komentar berbau spam yang berhasil dibasmi oleh akismet setidaknya berjumlah 7,5 juta komentar setiap menitnya. Secara keseluruhan, akismet telah membasmi lebih dari 450 milyar spam di seluruh dunia sejak awal didirikan. Dengan instal plugin ini di wordpress Anda, maka komentar-komentar yang berbau spam otomatis tidak akan mengganggu wordpress Anda.

  2. CleanTalk

    CleanTalk bekerja seperti Akismet. Kedua plugin anti komentar spam ini bekerja berdasarkan teknologi cloud. CleanTalk berjalan untuk beragam Content Management System (CMS), seperti wordpress, joomla, dan drupal. CleanTalk menawarkan paket perlindungan terhadap spam dengan harga yang terjangkau.

  3. Antispam Bee

    Antispam Bee adalah plugin perlindungan spam yang mudah digunakan dan tidak berbayar. Plugin anti spam komentar ini tidak mengharuskan Anda untuk mendaftar atau menyiapkan akun, cukup instal plugin untuk mulai menggunakannya. Cara kerja plugin ini adalah dengan membandingkan permintaan spam dengan database spam yang ada.

  4. WP Bruisher

    WPBruiser merupakan plug-in anti spam komentar yang bekerja berdasarkan identifikasi bot spam tanpa gambar captcha. Plugin ini tidak menampilkan captcha atau mekanisme validasi yang umum bagi pengunjung. Ketika WPBruisher mendeteksi komentar spam, komentar tersebut tidak tampil ke situs wordpress.

Plugin Komentar Wordpress

Wordpress menyediakan bagian komentar secara default. Ada pula plugin tambahan untuk kolom komentar. Plugin ini biasanya ada tambahan khusus yang tidak dimiliki oleh kolom komentar default wordpress. Berikut ini ada 5 plugin komentar wordpress yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik tampilan wordpress.

Perlu diperhatikan bahwa plugin yang disebutkan di bawah ini ada yang versi berbayar. Ada pula plugin yang mengharuskan Anda untuk membayar jika Anda ingin memasangnya di dalam wordpress. Perlu kecermatan tersendiri dalam memilih plugin yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

7 Plugin Komentar Wordpress

  1. Disqus

    Disqus adalah sebuah aplikasi yang dapat membuat kolom komentar wordpress Anda menjadi lebih menarik. Banyak fitur-fitur yang akan membuat kolom wordpress terasa lebih hidup. Kolom komentar yang menarik membuat pengunjung wordpress Anda akan betah berlama-lama dan memberikan komentar-komentar yang beragam. Perusahaan yang berkantor di Amerika Serikat ini menyediakan pilihan gratis dan berbayar untuk layanan yang diberikannya.

  2. Jetpack Comments

    Plugin Jetpack Comments akan menggantikan kolom komentar default wordpress Anda dengan kolom komentar yang terintegrasi dengan media sosial lainnya. Plugin ini membuat pembaca yang akan berkomentar tidak perlu lagi untuk melakukan sign in ke akun wordpress. Cukup dengan log in ke akun media sosial saja maka pembaca akan dapat berkomentar di wordpress Anda.

  3. Facebook Comments

    Plugin WP Facebook Comments memungkinkan pembaca wordpress Anda mengomentari konten di situs Anda menggunakan akun Facebook mereka. Para pembaca dapat memilih untuk membagikan aktivitas komentar mereka dengan teman-teman mereka di Facebook. Anda juga dapat memoderasi komentar dengan menggunakan plugin Facebook Comments ini.

  4. Discussion Board

    Discussion Board adalah sebuah plugin komentar yang memungkinkan untuk menambahkan forum ke situs wordpress milik Anda. Plugin ini mudah digunakan sehingga banyak digunakan oleh pengguna wordpress di seluruh dunia. Anggota forum dapat langsung berkomentar ketika Anda menuliskan sebuah topik di wordpress.

  5. CommentLuv

    CommentLuv membuat wordpress Anda akan dibanjiri dengan banyaknya traffic. Cara kerja dari CommentLuv adalah dengan mencegah spam, menambahkan keywords, mengintegrasikan twitterlink, menambahkan widget top komentator. Dengan plugin ini Anda akan mendapatkan fitur backlink canggih di setiap blog CommentLuv ketika Anda menuliskan komentar.

  6. Replyable

    Tidak semua komentar bernilai sama. Ada komentar yang isinya bagus, relevan dengan topik artikel, dan layak dibagikan ataupun dijadikan top comment. Komentar lainnya hanya menghabiskan waktu. Replyable memungkinkan pembaca Anda berlangganan komentar tanpa rasa khawatir akan mendapatkan komentar yang tidak bermutu. Replyable telah didesain untuk menghasilkan komentar yang bermutu dan layak dibagikan ke para subscribernya.

  7. Super Socializer

    Plugin komentar satu ini memungkinkan pembaca melakukan login ke akun sosial media dengan cepat. Proses login yang cepat membantu dalam meningkatkan tingkat login dan bergabung dalam kegiatan berkomentar di wordpress Anda. Data profil pembaca akan disimpan di database wordpress milik Anda. Data pribadi pembaca yang disimpan di antaranya adalah email yang dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan pembaca Anda.

Kesimpulan

Komentar Wordpress atau Wordpress Comments adalah bagian di mana Anda dapat melakukan pengaturan terhadap komentar yang mengisi sebuah postingan di wordpress yang telah Anda buat. Komentar yang ditulis oleh para pembaca tersebut tidak semuanya berisi hal-hal yang berkaitan dengan isi dari artikel yang Anda tulis. Maka akan lebih baik jika komentar yang ada dipilih dan dipilah dulu sebelum tampil ke publik.

Pemasangan plugin sangat membantu untuk membuat wordpress Anda semakin baik dari segi komentar. Plugin membantu Anda untuk melakukan filter terhadap komentar yang berpotensi menjadi spam dan membuat reputasi wordpress Anda menjadi tidak baik. Filter juga dapat membantu Anda untuk menghubungkan komentar ke media sosial. Pemasangan plugin yang tepat akan membawa tulisan Anda menuju takterbatas.

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%