Tutorial Membuat Read More di Wordpress

read-more

Read More atau dalam Bahasa Indonesia bisa diartikan dengan Lanjutkan Membaca. Fitur ini sudah tidak asing lagi bagi kita yang sudah terbiasa dengan dunia website. Penyematan Read More ini digunakan biasanya di halaman home maupun di halaman tertentu yang memuat banyak artikel di dalamnya.

Ada beberapa alasan kenapa para pembuat website biasanya menambahkan fitur Read More di halaman wordpress, di antaranya:

  1. Untuk menghemat tempat di halaman wordpress.
  2. Untuk menumbuhkan rasa penasaran pembaca.
  3. Tulisan yang terlalu panjang untuk diletakkan di halaman pembuka.

Tulisan di tombol Read More tidak baku hanya itu-itu saja. Kita dapat membuatnya semenarik mungkin sesuai dengan kreativitas kita. Kita dapat menuliskannya dengan beberapa variasi pilihan kata seperti:

Lanjut Baca Gan/Sis
Semakin Banyak Baca, Semakin Banyak Tahu.
Klik di Sini
Pelajari Lebih...

Tidak ada patokan tertentu untuk membuat tulisan di tombol Read More. Tapi diusahakan jangan menggunakan kata-kata yang membuat rancu para pembaca sehingga para pembaca malah mengabaikan tombol Read More dan tidak membaca keseluruhan artikel.

Langsung saja kita mulai langkah-langkah untuk membuat Read More di Wordpress.

Langkah 1: Membuat Postingan yang Menarik

Pertama-tama, pastinya kita buat dulu postingan yang menarik. Di dalam artikel yang menarik terdapat potensi banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjung, semakin tinggi kesempatan wordpress kita dikenal oleh banyak orang. Contoh artikel yang menarik misalnya adalah sebuah promo seperti di bawah ini

artikel menarik

Langkah 2: Memilih Pemotongan Paragraf yang Tepat

Berikutnya, yang perlu anda perhatikan adalah memilih bagian yang tepat untuk dipotong sehingga akan membentuk Read More. Ambillah beberapa kalimat yang menarik agar para pembaca semakin bersemangat dan penasaran dengan tulisan yang telah anda buat sedemikian rupa.

Langkah 3: Tambahkan Blok Read More

Desain wordpress yang terbaru agak sedikit memerlukan pembelajaran bagi kita yang sudah terbiasa dengan tampilan wordpress yang lama. Namun, jangan khawatir. Untuk menambahkan Read More di wordpress kita, bisa diikuti dengan melakukan langkah berikut ini

Tambahkan Blok → Layout Element → Lainnya

Setelah itu, akan muncul tampilan seperti berikut ini

menambahkan blok read more

Tulisan Baca Selengkapnya dapat anda ganti dengan kalimat yang sesuai dengan kebutuhan anda. Misal dalam tutorial ini, tulisan tersebut diganti dengan kalimat Ambil Promonya Di Sini.

Langkah 4: Lihat Hasilnya di Halaman Home Wordpress Milik Anda

Proses terakhir adalah melakukan penyimpanan tulisan kita dan melakukan pratinjau. Jika kita langsung mengunjungi tulisan tersebut, tulisan Ambil Promonya Di Sini tidak akan muncul. Untuk melihat hasil akhirnya, kita bisa menuju halaman home agar tulisan tersebut muncul. Hasil akhirnya adalah seperti gambar berikut ini:

hasil akhir


Nah, sekian tata cara menambahkan tulisan Read More di wordpress yang desain baru. Semoga membantu anda dalam mempercantik halaman wordpress anda.

Onlinekan Bisnismu

Onlinekan Bisnismu Dengan Hosting Unlimited SSD Cuma 13RB Sebulan, Gratis Domain .COM + Diskon 50% Recurring Lifetime

Dapatkan Di Sini