Cara Gampang Menginstal Drupal 8

pada artikel berikut ini, kami akan membahas tutorial bagaimana cara menginstal drupal di localhost menggunakan perangkat aplikasi xampp. untuk bisa menginstal drupal 8 di sistem komputer Anda, maka anda perlu menginstal xampp untuk web server localhostnya.

Pada artikel berikut ini, Kami akan membahas tutorial bagaimana cara menginstal drupal di localhost menggunakan perangkat aplikasi XAMPP. Untuk bisa menginstal Drupal 8 di sistem komputer Anda, maka Anda perlu menginstal XAMPP untuk web server localhostnya.

Setelah Anda selesai menginstal XAMPP, maka selanjutnya anda bisa melakukan aktivasi pada service database dan apache agar localhost pada komputer Anda bisa berjalan. Setelah itu anda bisa mengikuti instruksi di bawah ini:

1. Mendownload Drupal 8

Hal yang pertama dilakukan untuk melakukan instalasi wordpress pada localhost adalah mengunduh Drupal di drupal.org. Kemudian setelah proses downloading selesai anda akan mendapatkan file drupal-version_number.tar.gz atau drupal-version_number.zip yang mana akan anda ekstrak ke dalam folder htdocs.

2. Jangan Lupa Mengaktifkan XAMPP

Sebelum melakukan instalasi Drupal pada localhost jangan lupa untuk mengaktifkan web server xampp pada sistem operasi yang anda gunakan. Web server digunakan untuk melakukan proses online pada stand-alone komputer yang berarti bahwa anda online di komputer anda sendiri tanpa internet. Dengan web server ini aplikasi Drupal akan dijalankan.

3. Akses Localhost/Nama_Folder dan Memilih Bahasa

Hal pertama yang dilakukan adalah konfigurasi bahasa. Drupal suport sudah suport dengan banyak bahasa yang ada di dunia ini. Jika Anda ingin menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa konfigurasi maka Anda dapat memilih Bahasa Indonesia untuk opsi berikut. Namun demikian, pada tutorial kali ini, Kami menggunakan Bahasa Inggris untuk bahasa konfigurasi. Jika sudah selesai dalam memilih bahasa, silahkan menekan menu tombol save and continue.

4. Memilih Profile Instalasi

Setelah memilih menu bahasa, hal yang dilakukan adalah memilih profil instalasi. Profil instalasi berarti adalah ingin seperti apa instalasi yang ingin dijalankan. Terdapat 3 opsi profil instalasi :

  1. Standar : profil ini mengizinkan Anda menginstal Drupal 8 secara standar.
  2. Minimal : profil ini mengizinkan Anda menginstal Drupal 8 tanpa melakukan konfigurasi awal. Lebih cocok untuk Anda yang menginginkan instalasi secara cepat (kaum advanced).
  3. Demo : profil ini mengizinkan Anda menginstal Drupal 8 disertai dengan Demo.

Jika sudah selesai dalam memilih opsi profil instalasi, silahkan menekan menu tombo save and continue.

5. Notifikasi Requirement

Di halaman ini terdapat notifikasi apa saja yang harus dipersiapkan untuk menginstal Drupal 8. Jika tidak ada kendala silahkan langsung saja continue anyway.

6. Membuat Database

Sebelum masuk ke dalam konfigurasi instalasi Drupal 8 lebih lanjut maka Anda diwajibkan untuk membuat database. Pada gambar di atas kita tengah membuat database melalui database server MySQL dengan nama drupal. Jika sudah selesai silahkan tekan tombol Create.

7. Konfigurasi Database pada Drupal

Selanjutnya adalah memasukan data konfigrasi database ke dalam sistem instalasi Drupal 8. Yang pertama Anda diizinka untuk memilih opsi jenis DBMS yang Anda gunakan. Pada tutorial kami kali ini, kami menggunakan DBMS MySQL sehingga kami memilih opsi yang pertama. Kemudian Anda diharuskan untuk mengisi nama database, username database dan password database.

Jika sudah selesai silahkan menekan menu tombo save and continue.

8. Loading Instalasi

Untuk tahap ini silahkan menunggu proses instalasi berlangsung kurang lebih selama 5 sampai dengan 10 menit.

9. Finalizing Konfigurasi Pada Website

Setelah selesai proses instalasi, Anda diharuskan untuk melakukan pengaturan terakhir. Di pengaturan ini diharuskan mengisi beberapa data di antaranya adalah nama website, alamat email, username website, password username website, negara dan zona waktu.

Jika sudah selesai silahkan menekan menu tombo save and continue.

10. Testing

Jika sudah selesai melakukan konfigurasi Anda bisa mengetesnya dengan jalan membuat halaman localhost. Jika sudah tampilan sudah sesuai dengan gambar di atas Anda sudah sukses dalam instalasi Drupal 8. Selamat mencoba!


Baca Juga:

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%