Apa Itu Domain

Domain Adalah …

Apakah anda bertanya pada diri sendiri, sebuah pertanyaan mengganjal “Apa itu domain?” Nah, sekarang lihatlah bagian di bagian atas jendela browser Anda di bagian URL. Bagian tersebut dimulai dengan “http: //” di bagian alamat. Bagian kedua dari URL adalah domain. Dalam kasus kami, ini jogjahost.co.id.

Setiap situs web yang ada di dunia sekarang ini diidentifikasi oleh sebuah rangkaian angka unik yang disebut alamat IP. Satu set numerik inilah yang digunakan perangkat penejelajah internet (bisa laptop, PC, smartphone, tablet) untuk terhubung ke server tempat data situs web disimpan.

Susunan angka mudah dimengerti oleh komputer, tetapi lebih mudah bagi kita sebagai manusia untuk menggunakan rangkaian kata agar kita mudah untu mengingat. Kata-kata yang digunakan untuk mengidentifikasi situs web dikenal sebagai domain atau URL. Seperti alamat IP, domain itu unik untuk setiap situs web. Cara kerja domain hampir sama seperti kita ingin menelepon seseorang melalui smartphone. Misalnya saja kita ingin memanggil Rekan Bisnis kita, jadi kita cukup mengklik kontak kita dengan nama Rekan Bisnis dan smartphone memanggil nomor telepon Rekan Bisnis. Domain terhubung ke alamat IP dengan cara yang hampir sama dengan ilustrasi tersebut.

Bagian-Bagian Domain

Untuk menuju website tertentu, kita menuliskan www.domainanda.com. Lalu, pengertian di balik itu semua seperti apa? Mari kita lihat ulasan singkat di bawah ini.

Bagian dengan tulisan domainanda adalah “identitas” situs anda. Bagian ini biasa disebut dengan Sub Level Domain (SLD). Kita dapat mengisinya sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Bisa saja, nama tersebut kita ganti dengan merek dagang kita. Atau bisa juga kita ubah dengan memasukkan nama ita sendiri jika website tersebut memang kita dediskasikan sebagai halaman portfolio maupun halaman blog yang berisi kegiatan kita sehari-hari.

Pada bagian akhir domain tersebut tertuliskan .com yang berada di sebelah kanan titik. Bagian ini adalah Top Level DOmain (TLD). Dalam hal ini TLD adalah .com, tetapi anda mungkin juga melihat TLD seperti .net, atau .org, atau pengidentifikasi negara seperti .id, .uk, atau .de.

TLD penting untuk keberlangsungan sebuah domain. Satu hal yang menarik tentang domain adalah kita dapat memilih nama apapun yang kita inginkan sebagai domain tingkat kedua maupun domain tingkat atas kita. Akan tetapi, saat ini banyak ragam TLD keren yang mungkin sesuai dengan bidang bisnis yang kita jalankan. Pilihan TLD seperti .tech .club .store .pizza .tv .asia mungkin membantu proses branding yang sedang kita bangun.

Pentingnya Domain

Pada keadaan tertentu seseorang akan berkata pada anda, “Anda harus mendaftarkan domain untuk meningkatkan bisnis anda .” Dan Anda mungkin menjawab, “Oke … tapi mengapa?” Yang benar adalah bahwa jika Anda memiliki situs web, itu perlu memiliki alamat, dan alamat itu perlu memiliki nama.

Mendaftarkan domain mencadangkannya sehingga tidak ada orang lain yang dapat mendaftarkannya. Jadi mungkin pintar untuk mengambil domain sekarang — nama pribadi Anda, nama perusahaan, atau hal-hal lain yang Anda terlibat, seperti judul buku, nama band, atau hobi — hanya untuk mengambilnya “keluar dari pasar”.

Dalam kasus saya, saya mungkin tidak memerlukan domain CosmoHedgehog.rocks hari ini, tapi saya pasti ingin memilikinya setelah saya menjadi sangat terkenal.

Ingin alamat email seperti saya@cosmohedgehog.rocks? Untuk mendapatkan alamat yang dipersonalisasi dan licin, Anda harus memesan domain terlebih dahulu, lalu melampirkannya ke hosting email. Ini adalah langkah cerdas terutama jika Anda menjalankan situs bisnis. Dengan begitu, pelanggan Anda dapat dengan mudah mengingat info @ mybusiness semudah mereka mengingat domain Anda.

Untuk memiliki situs web, Anda memerlukan domain dan hosting. Domain Anda memberi orang cara untuk menemukan situs web Anda, dan hosting Anda adalah ruang pada server (komputer jarak jauh) tempat semua konten situs web Anda berada.

Pikirkan domain seperti itu alamat jalan situs web Anda, dan hosting seperti rumah situs web. Anda dapat memiliki alamat Anda sebelum membangun rumah, tetapi untuk memamerkan semua foto Anda di situs web, Anda perlu tempat untuk meletakkannya.

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%