Tutorial Regular Expression

pembuka

Pada dasarnya, regular expression adalah pola yang menggambarkan sejumlah teks tertentu. Regular expression biasanya akan disingkat regex atau regexp.

regex membutuhkan sebuah perangkat lunak agar ekspresi tersebut dapat dipahami oleh manusia. Perangkat lunak tersebut dapat memproses regex, mencocokkan pola dengan string yang diberikan.

Seperti biasa di dunia perangkat lunak, berbagai mesin regex tidak sepenuhnya kompatibel satu sama lain. Sintaks dan perilaku mesin tertentu disebut regex flavor. Tutorial ini mencakup semua regex flavor yang populer, termasuk Perl, PCRE, PHP, .NET, Java, JavaScript, XRegExp, VBScript, Python, Ruby, Delphi, R, Tcl, POSIX, dan banyak lainnya. Setiap regex flavor memiliki karakteristik yang berbeda antara satu dan yang lainnya.

regex-flavor

Apa Itu Regex

Apa sebenarnya yang membuat regex menjadi spesial? Yang membuat regex ini spesial adalah karena anda dapat membuat sortiran pada sebuah data yang memiliki sebaran sangat luas tanpa harus mengeluarkan effort dengan memilah dan memilih data tersebut sesuai dengan yang diinginkan. Hanya dengan sebaris hingga beberapa garis maka kriteria tertentu yang anda inginkan otomatis dapat menyaring data yang sedemikian banyaknya tersebut. Ini tentunya sangat memudahkan bagi anda yang terbiasa berurusan dengan pekerjaan di bidang administratif seperti itu.

Atau anda seorang developer software yang bekerja di sebuah e-commerce untuk membuat aplikasi yang dapat memberikan kriteria tertentu sehingga barang yang dicari konsumen dapat langsung tampil di layar smartphone? Tentunya penggunaan regex ini sangat menunjang untuk keperluan semacam itu.

Tutorial Regex

regex merupakan urutan karakter yang memiliki backslash (). Sebagai contoh, \d adalah kecocokan untuk satu digit [0-9] \w adalah kecocokan untuk satu karakter alfanumerik. Ini berarti setiap karakter ASCII yang berupa huruf atau angka [a-z A-Z 0-9]

Sangat penting untuk mengenal regex karena mereka membantu kami menulis regex yang lebih sederhana dan lebih pendek.

Berikut adalah tabel dan deskripsi dari beberapa elemen di regex

Elemen Deskripsi
. Elemen ini cocok dengan semua karakter kecuali \n
\d Cocok dengan digit / [0-9]
\D Cocok dengan yang bukan digit / [^0-9]
\s Cocok dengan karakter whitespace / [\t\n\f\v]
\S Cocok dengan karakter non-whitespace / [^\t\n\f\v]
\w Cocok dengan karakter alfanumerik / [a-zA-Z0-9_]
\W Cocok dengan karakter non alfanumerik / [^a-zA-Z0-9_]

Keterangan dari elemen di atas dapat dijelaskan seperti berikut ini:

[0-9] sama artinya dengan [0123456789] [\d] sama artinya dengan [0-9] [\w] sama artinya dengan [a-zA-Z0-9] [6-9] sama artinya dengan [6789]

Setelah mengetahui tentang elemen-elemen dasar di regex, maka selanjutnya mari kita berkenalan dengan Quantifier. Quantifier ini berfungsi untuk menentukan jumlah karakter yang akan dicocokkan dengan kondisi yang kita inginkan. Beberapa jenis quantifier dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Quantifier Description Contoh Penulisan Syntax Hasil
+ satu atau lebih \w+ ABCDEF088
{2} Tepat 2 \d{2} 01
{1,} satu atau lebih \w{1,} smiling
{2,4} 2,3,atau 4 kali \w{2,4} 1234
* 0 atau beberapa kali A*B AAAAB
? sekali atau tidak \d+? 1 di 12345

Salah satu contoh penulisannya adalah sebagai berikut

import re
 def regex(string):
   """This function returns at least one matching digit."""
>    pattern = re.compile(r"\d{1,}") # For brevity, this is the same as r"\d+"
>    result = pattern.match(string)
>    if result:
>        return  result.group()
>    return None
> # Call our function, passing in our string
> regex("007 James Bond")

Dari syntax di atas akan dihasilkan output berupa 007

Kadangkala kita memperhatikan bahwa sebuah regex biasanya memiliki karakter ^dan $. Misalnya, r "^ \ w + $". ^ dan $ adalah batas atau jangkar. ^ menandai awal, sementara $ menandai akhir dari regex.

Namun, ketika digunakan dalam tanda kurung siku [^ …]tanda ^ berarti tidak. Sebagai contoh, [^\s$] atau hanya [^\s] akan memberitahu regex untuk mencocokkan apa pun yang bukan karakter spasi.

Berlatih Mandiri Regex

Agar kemampuan anda semakin terasah, lakukan kegiatan belajar dan mempraktikannya sesering mungkin. Untuk mengenal lebih dalam tentang regex, kunjungi link di bawah ini agar kemampuan anda semakin meningkat. Di link tersebut, terdapat latihan online yang dapat mengasah skill anda.

Latihan-Regex


Anda membutuhkan jasa web hosting murah, web hosting berkualitas, web hosting terpercaya, silahkan hubungi link berikut ini:Jogjahost, Nusantarahost, ArdetaMedia. Ada banyak PROMO menanti anda.

Onlinekan Bisnismu

Onlinekan Bisnismu Dengan Hosting Unlimited SSD Cuma 13RB Sebulan, Gratis Domain .COM + Diskon 50% Recurring Lifetime

Dapatkan Di Sini