Asiknya Menggunakan Markdown Editor

Berbicara mengenai markdown editor, pasti tidak akan lepas dari dunia website dan html. Alat yang satu ini memang difungsikan untuk memudahkan para penulis dalam menulis di sebuah website. Markdown sendiri adalah sebuah alat berupa software yang akan memudahkan kita dalam menulis. Seperti penjelasan pada artikel sebelumnya, pengertian markdown adalah sebuah tools atau alat yang akan memudahkan kita dalam membuat sebuah website dibanding harus menggunakan html. Dapat dikatakan bahwa sebuah markdown ini lebih mudah dan lebih gampang dibanding menggunakan html. Sedangkan markdown editor ini mengarah pada filter markdown sehingga akan memudah kita lagi dalam melakukan sebuah markdown.

Daftar Isi

  1. Pengertian Markdown
  2. Pengertian Markdown Editor
  3. Manfaat dan Fungsi Markdown Editor
  4. Kelebihan dan kekurangan Markdown Editor
  5. Jenis-Jenis Markdown Editor
  6. Markdown Online
  7. Markdown Viewer
  8. Markdown App

Manfaat dan Fungsi Markdown Editor

Sebuah alat pasti digunakan untuk memudahkan sebuah pekerjaan agar pekerjaan tersebut dapat berjalan lebih cepat dan tepat. Sebut saja, apabila dalam sebuah pekerjaan harusnya bisa dikerjakan oleh 10 orang namun dengan markdown ini menjadi cukup 1 orang saja. Waktu yang seharusnya 10 jam menjadi lebih cepat menjadi 1jam. Inilah salah satu keunggulan dari markdown ini.

Kelebihan Markdown Editor

  • Alat ini akan memudahkan penulis konten melakukan plain text dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Berikut ini akan saya berikan gambaran mengenai cara kerjanya. Perhatikan penjelasan berikut ini:

  • Panel rewiew lebih jelas sehingga kita bisa melihat secara langsung result yang telah dibuat dengan cepat tanpa harus menunggu lama.

  • Terdapat keyboard shortcut yang akan mempercepat kita dalam menulis.

  • Convert Markdown bisa dalam format html, pdf dan odt

  • Bisa berfungsi sebagai word count: yakni sebuah alat yang bisa menghitung jumlah kata secara otomatis

  • Bisa berfungsi sebagai statistic dokumen: yakni sebuah alat yang bisa menilai sebuah dokumen dengan range tertinggi atau terendah secara otomatis.

  • Bisa berfungsi sebagai spell cheking: yakni sebuah alat yang bisa mengecek grammar secara otomatis.

  • Memudahkan penulis dalam menulis sebuah rumus matematika atau membuat sebuah table.

Markdown artinya bahasa teks untuk memudahkan kita dalam menulis dengan platform apapun. Artinya, kita bisa menulis berbagai hal baik dalam bentuk word, excel, online maupun offine. Semua format tersebut dapat memudahkankita dalam menulis sebuah konten yang pas. Tidak hanya untuk mengisi sebuah website saja, sebuah markdown juga bisa digunakan bagi kamu untuk menulis rumus matematika, menulis huruf arab atau huruf jawa. Dengan menggunakan markdown ini tulisan kamu sudah terkunci dengan baik sehingga tidak mudah berubah ketika di pindah dalam format lain. Misalnya, kamu sudah menulis sebuah artikel dengan word, kemudian akan kamu pindah dalam format pdf atau html jika menggunakan markdown ini tulisan yang sudah kamu buat akan tercopi dengan sempurna.

Kekurangan Markdown Editor

Secara umum, setiap aplikasi tentu memiliki kelemahan atau kekurangan. Hal ini bisa saja terkait dengan kenyamanan kita dalam menggunakan sebuah aplikasi tertentu. Hal lainnya bisa saja terjadi karena sebuah kebiasaan yang belum dilakukan. Misalnya menghafal shortcut key untuk jenis markdown tertentu.

Bagi pemain pemula, tentu akan banyak kesulitan dalam menjalankan software ini sebab akan ada beberapa hal baru yang memang harus dipelajari. Ada juga beberapa kendala yang dialami oleh pengguna akibat ketidaksamaan spek antara komputer dan aplikasi sehingga akan berpengaruh pada aktifitas markdown itu sendiri ketika digunakan. Ada beberapa kendala misalnya, tulisan dari markdown tidak bisa di copi paste kedalam word atau malah sebaliknya. Untuk itu, kita harus senantiasa mengolah dan memastikan jenis aplikasi yang digunakan agar alat yang digunakan ini bisa bermanfaat secara maksimal.

Bagi kamu yang sedang awal menggunakan markdown sebaiknya coba gunakan sublime text terlebih dahulu. Markdown jenis ini sangat cocok bagi kamu yang baru awal sekali menggunakan software pembantu ini sebab bisa dalam bentuk portable. Artinya, aplikasi ini bisa diletakkan dalam flashdisk kemudian tinggal menggunakan sesuai kebutuhan. Kemudahan ini akan membuat kamu semakin praktis membawa, sebab kamu bisa menggunakan kapan saja tanpa harus membawa laptop yang berat. Bila terpaksa kamu harus mampir diwarnet pun juga tidak akan menjadi masalah sebab bisa digunakan kapan saja tanpa harus memakan waktu yang cukup banyak. Adapun beberapa pembagian markdown editor ini antara lain:

  1. Markdown editor di Mac OSX
  • Mou
    Mou adalah sebuah aplikasi mac yang bisa digunakan pada OS X. aplikasi ini gratis alias tidak berbayar, sehingga bagi kamu yang ingin menggunakan markdown ini tentu akan lebih mudahdan menyenangkan. Adapun keunggulan dari aplikasi ini yakni adanya fitur styling kustom, pintasan keyword, eksport PDF, HTML langsung, eksport HTML (dengan styling CSS opsional), dukungan pendiktean, dan masih banyak lagi. Semua fitur yang ada dalam MOU akan membuat kamu lebih happy dan mudah.

  • Desk
    Aplikasi ini cocok untuk editing email karena memiliki format yang pas dan fitur yang tepat. Aplikasi ini dianggap lebih lengkapdan lebig menyenangkan dibanding dengan Mou. Meski demikian tetap saja penggunak deskini cukup banyak. Artinya, aplikasi ini memiliki banyak peminat yang cocok untuk mereka gunakan.

  • ByWord
    Byword merupakan salah satu aplikasi yang akan menjadi favorit banyak orang. Pasalnya, aplikasi ini dibuat sendiri oleh John Gruber yakni si pembuat markdown itu sendiri. Banyak fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini, antara lain memudahkan kita dalam menanggapi sebuah email, memudahkan dalam memasukkkan gambar atau video karena sangat ringat dan cepat. Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang suka mengupload gambar atau video dalam ruang yang cukup besar sebab akan memakan waktu lebih cepat.

  1. Markdown editor di Windows
  • Write Mongkey Kecil, cepat dan stabil, inilah ciri utama dari aplikasi write mongkey ini. Kamu juga bisa membawa aplikasi dengan flasdisk karena aplikasi ini cukup portable. Aplikasi ini sangat cocok digunakan pada javascrip dan cepat menyesuaikan dengan platform lainnya.

  • MarkdownPad
    Markdownpad ini adalah salah satu aplikasi windows yang akan memudahkan kita menggunakan file markdown. Aplikasi ini bisa diundh secara gratis dan ddapat digunakan dengan mudah. Adapun beberapa fitur yang bisa kita dapatkan antara lain: pratinjau HTML instan, format yang mudah dengan pntasan keyboard, kustomisasi CSS, dan eksport HTML.

  • Texts Jenis markdown yang satu ini bisa digunakan untuk Mac OSX atau Windows sekaligus. Inilah yang membuat aplikasi ini dikatakan mewah dan berkelas. Apabila dibanding dengan jenis aplikasi yang lain, texts ini cukup fleksibel dan mudah digunakan dalam kondisi apapun. Artinya, kita bisa mengandalkan aplikasi ini dengan cukup baik.

  1. Markdown editor di Linux
  • UberWriter
    UberWrite ini dibuat dan dirancang untuk Linux yang memang memiliki fitur yang kuat. Tidak semua orang bisa menggunakan Linux dengan mudah sebab program ini tergolong rumit dan pelik. Hanya saja bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan Linux karena keunggulannyamaka UberWrite ini akan cocok digunakan sebagai markdown editor yang pas. Fitur yang ada juga hamper sama dengan markdown lainnya yang sangat cocok untuk program html.

  • ReText
    Jenis markdown yang satu ini cocok untuk program Linux karena bisa untuk eksport odt, html, dan pdf. Aplikasi ini juga bisa melihat kode html secara langsung, bisa mengecek dengan suara, bisa upload dokumen ke google doc. Fitur lengkap, mudah dan menyenangkan.

  • Haroopad
    Haroopad ini dianggap paling mudah dan memudahkan dibanding dengan berbagai jenis aplikasi markdown yang lain. Meski demikian, dalam menggunakan haroopad ini tetap harus memperhatikan berbagai kaidah yang ada.

Markdown Online
Beberapa aplikasi markdown ini dapat berupa markdown online dan markdown offline. Sesuai dengan Namanya, sebuah markdown online yakni sebuah markdown yang hanya dapat digunakan secara online. Artinya jika kita menulis sebuah konten tanpa online, aplikasi ini tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Seperti halnya berbagai aplikasi online lainnya yang membutuhkan koneksiinternet. Begitu juga dengan markdown online ini. Lalu apakah yang disebut dengan markdown offline? Markdown offline adalah sebuah sebuah aplikasi tools syntax yang bisa digunakan secara offline. Artinya, aplikasi ini bisa Anda gunakan secara offline tanpa harus menggunakan koneksi internet. Nah, setelah tahu pengertian dari kedua markdown tersebut lalu akan muncul pertanyaan, manakah dari keduanya yang terbaik. Apakah markdown online atau markdown offline? Jawabannya yakni: keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebagus apapun aplikasi online jika tidak ada koneksi internet tentu hanya akan tidak berguna, sebaliknya sebagus apapun aplikasi offline tetap tidak akan berguna jika tidak ada aliran listrik. Sekian. Haha.

Markdown Viewer
Markdown viewer adalah sebuah istilah untuk menyebut markdown yang bisa digunakan untuk melihat hasil tulisan secara otomatis. Baik berupa preview lengkap atau preview sebagian. Maksud dari preview lengkap disini yakni mulai dari preview secara html atau sudah tayang di website. Sedangkan yang dimaksud sebagian disini yakni preview yang hanya bisa melihat versi html saja atau prewview tayang saja.

Markdown App
Markdown App adalah sebuah markdown yang bisa digunakan untuk aplikasi sebuah gadget, baik itu berupa i-phone, smartphone atau laptop sekaligus. Dengan menggunakan markdown app ini diharapkan gadget apapun yang kita punya bisa mendukung pekerjaan dan aktifitas kita dalam menulis. Lalu apa saja yang bisa kita gunakan dalam semua gadget, beberapa diantaranya yakni: Typora, Draft, MacDown, Ullysses dan iA Writer.

Baca Juga
https://blog.nusantarahost.co.id/pengertian-lengkap-domain/ https://blog.nusantarahost.co.id/category/hosting/email-hosting/ https://blog.nusantarahost.co.id/saat-yang-tepat-untuk-upgrade-downgrade-paket-hosting/

Onlinekan Bisnismu

Onlinekan Bisnismu Dengan Hosting Unlimited SSD Cuma 13RB Sebulan, Gratis Domain .COM + Diskon 50% Recurring Lifetime

Dapatkan Di Sini