📱 Tutorial Pasang Plugin Wordpress Lewat Smartphone [Mudah dan Cepat]

Plugin adalah sebuah istilah untuk aplikasi tambahan yang dapat membantu kinerja dari Wordpress. Plugin ini banyak macam dan jenisnya. Wordpress akan bekerja maksimal ketika Anda memasang plugin yang tepat dan menggabungkan beberapa plugin dengan fungsi yang berbeda-beda untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Plugin Wordpress

Kegiatan blogging menggunakan Wordpress yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Para blogger menggunakan setiap kesempatan untuk yang ada untuk membuat konten yang menarik untuk menghiasi halaman blognya. Di saat-saat ada momen yang unik dan menarik, di situlah kesempatan untuk membuat konten berkualitas yang dapat menarik pembaca untuk melihat cerita yang disajikan.

Nah, apa yang terjadi apabila momen unik tersebut terjadi saat Anda tidak membawa peralatan yang memadai (bisa PC ataupun laptop) untuk mulai membuat konten? Atau ada ide yang datang secara tiba-tiba untuk menambahkan plugin di Wordpress agar kinerja Wordpress menjadi optimal? Takut ide akan hilang jika tidak dieksekusi langsung tapi peralatan yang ada di tangan adalah smartphone?

Pada tulisan kali ini secara khusus akan dibahas tentang bagaimana caranya untuk menambahkan plugin-plugin yang ada di Wordpress. Smartphone yang digunakan adalah smartphone berbasis Android. Namun, bagi Anda pengguna smartphone dengan operating system iOS jangan berkecil hati. Cara-cara yang dilakukan di dalam tulisan ini juga dapat diterapkan di smartphone besutan Apple tersebut.

Tambah Plugin Wordpress di Smartphone

Menambahkan plugin di Wordpress melalui smartphone sangat mudah dilakukan oleh siapapun. Anda hanya membutuhkan smartphone yang masih menyala dan koneksi internet dengan kecepatan koneksi yang sedang-sedang saja untuk memulai menambahkan plugin ke Wordpress. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini, maka Anda sudah dapat menambahkan plugin di manapun dan kapanpun.

1. Halaman Wordpress

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke halaman Wordpress. Anda bisa mengaksesnya dengan mengunjungi link www.wordpress.com. Di situ Anda akan langsung dibawa ke halaman beranda dari Wordpress. Setelah itu, jangan lupa untuk log in ke akun Anda. Cara log in adalah dengan klik tombol yang ada di pojok kanan, seperti yang diilustrasikan gambar di bawah ini.

2. Log In Wordpress

Setelah itu, Anda akan menemukan sebuah pop up menu yang berisikan beberapa fungsi. Ada fungsi untuk Sign Up (pendaftaran), Log In (masuk), Products (produk-produk yang ditawarkan oleh Wordpress), dan masih banyak lagi yang lainnya. Jika Anda sudah memiliki akun Wordpress, maka klik di bagian Log In. Tampilannya adalah seperti gambar di bawah ini.

3. Masukkan Username dan Password

Lalu, Anda akan menjumpai halaman Log In. Halaman ini diisi dengan username dan password yang sudah Anda buat sebelumnya. Alternatifnya, Anda juga dapat Log In melalui akun Google yang sudah terkoneksi dengan Wordpress. Cara ini relatif lebih cepat dibandingkan dengan mengisikan username dan password.

4. Pengaturan Wordpress

Setelah berhasil log in, maka Anda akan masuk ke halaman Pembaca. Untuk menambahkan plugin, Anda dapat menuju ke menu pengaturan dengan klik di bagian kiri yang berlogokan Wordpress. Jika Anda kesulitan menemukannya, gambar di bawah ini dapat membantu Anda untuk menuju halaman pengaturan tersebut.

5. Perkakas → Plugin

Di halaman pengaturan tersebut, terdapat beberapa menu yang berhubungan dengan Wordpress. Untuk menambahkan Plugin, masuk ke bagian Perkakas. Setelah itu akan muncul beberapa sub menu di dalamnya. Pilihlah sub menu Plugin. Di sana Anda akan menjumpai sebuah halaman yang berisi bermacam-macam plugin yang dapat Anda tambahkan untuk Wordpress.

Plugin-Plugin Populer

Setelah itu, Anda bebas untuk memilih plugin apa saja yang akan digunakan di Wordpress. Para pengembang telah membuat bermacam-macam plugin untuk mengakomodir bermacam-macam kebutuhan dari blogger. Tergantung dari kebutuhan Anda sebagai blogger untuk memasang plugin apa saja yang ditambahkan di Wordpress.

Di halaman Plugin, Wordpress telah mengurutkan plugin-plugin tersebut dalam beberapa kategori. Misal dalam kategori populer. Jika sebuah plugin masuk dalam kategori tersebut, hal itu menunjukkan bahwa banyak orang di seluruh dunia yang memasang plugin tersebut di Wordpressnya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan suatu plugin digemari oleh para blogger di dunia. Bisa saja karena plugin tersebut berfungsi untuk meningkatkan jumlah traffic kunjungan ke website dengan memaksimalkan SEO. Ada pula plugin populer yang diinstal karena kemampuannya untuk mencegah spam yang muncul di kolom komentar.

Setiap kali Anda ingin menambahkan plugin di Wordpress, pastikan bahwa plugin tersebut sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Tidak ada salahnya untuk membaca secara lengkap deskripsi tentang plugin tersebut. Jika Anda masih ragu terhadap suatu plugin, Anda juga dapat membaca review-review dari blogger yang sudah menggunakan plugin tersebut.

Kendala Instal Plugin

Mungkin Anda akan mengalami beberapa kendala saat melakukan instalasi plugin Wordpress. Kebanyakan kendala yang terjadi adalah akibat adanya kebijakan dari Wordpress untuk mewajibkan penggunanya untuk mendaftarkan akunnya sebagai akun berlangganan. Jika Anda tidak berlangganan, sepertinya Anda tidak dapat melakukan instalasi plugin.

Ketika Anda mengalami hal tersebut, maka Anda dapat menyelesaikannya dengan mulai berlangganan akun berbayar Wordpress. Selain itu, Anda juga dapat mengatasi permasalahan ini dengan mulai memiliki domain dan hosting yang berbasiskan Wordpress.

Plugin yang sebelumnya tidak dapat diinstal saat memakai Wordpress versi gratis, akan bisa diinstal ketika Anda memiliki domain dan hosting. Selain itu, keuntungan mempunyai domain dan hosting sendiri adalah nama URL yang semula ada embel-embel namablog.wordpress.com akan menjadi namablog.com. Bagi Anda yang masih merasa kebingungan, berikut ini ada bacaan tentang Cara Beli Domain yang juga mencakup cara pembelian hosting.

Baca Juga:

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%