Apa Itu Wordpress Pengaturan (Penjelasan Terlengkap)

Menu Pengaturan di Wordpress memungkinkan Anda untuk membuat setelan sesuai dengan preferensi yang Anda inginkan. Jelajahi fungsinya untuk memaksimalkan wordpress yang Anda kelola.

Pengaturan Wordpress adalah sebuah menu untuk mengatur Wordpress yang Anda kelola. Di menu pengaturan ini, Anda dapat mengatur alamat permalink, mengatur kolom komentar, dan masih banyak yang dapat Anda atur di sini. Anda bebas menentukan pengaturan di dalam situs Wordpress Anda.

Secara default, ketika Anda memilih menu pengaturan, maka Anda akan diarahkan ke bagian Pengaturan Umum. Selain Pengaturan Umum, menu pengaturan standar lainnya yang disediakan oleh pihak wordpress adalah adalah Membaca, Menulis, Diskusi, Media, Permalinks, dan Privasi.

Pengaturan Umum

Pengaturan Umum mengatur tentang hal-hal yang umum seperti nama situs, slogan dari situs, alamat link, format tanggal, format jam, dan masih banyak lagi lainnya. Tampilan pengaturan umum seperti gambar di bawah ini. Untuk dapat lebih memahami Pengaturan Umum, berikut ini penjelasan tentang Pengaturan Umum:

  • Judul Situs: kolom ini dapat Anda isi dengan judul yang Anda inginkan.
  • Slogan: jika Anda memiliki sebuah slogan untuk situs Anda, maka isikan di kolom ini.
  • Alamat Wordpress: masukkan alamat wordpress Anda di sini.
  • Alamat Situs (URL): kolom ini diisi dengan nama domain Anda.
  • Alamat Email: alamat email akan terisi otomatis oleh alamat email yang Anda daftarkan pertama kali. Jika ingin diganti, pihak wordpress akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat email yang baru untuk proses konfirmasi.
  • Keanggotaan: opsi ini memungkinkan pembaca situs Anda untuk menjadi subscriber. Hal ini memungkinkan pembaca yang mengikuti situs Anda untuk mendapatkan notifikasi ketika Anda membuat sebuah postingan baru.
  • Peran Pengguna Baru Standar: pilihan ini dapat Anda gunakan untuk mengatur status dari pengguna baru.
  • Bahasa Situs: jika Anda ingin mengganti bahasa wordpress maka Anda dapat menggantinya di sini.
  • Zona Waktu: digunakan untuk menentukan zona waktu penayangan posting.
  • Format Tanggal: pilihan ini Anda digunakan untuk mengatur format tanggal penayangan posting di wordpress.
  • Format Waktu: ini akan berpengaruh terhadap pengaturan waktu penayangan yang akan nampak di wordpress.
  • Minggu Dimulai Pada Hari: digunakan untuk menentukan hari apa yang dimulai pada awal minggunya.

Pengaturan Menulis

Sub menu ini digunakan untuk mengatur penulisan sebuah pos di wordpress. Bisa digunakan untuk menentukan format default posting yang akan dipublikasikan. Bisa juga digunakan untuk melakukan pengaturan posting melalui email. Untuk akses ke pengaturan menulis dapat dilakukan dengan akses ke PengaturanMenulis. Berikut ini penjelasan beberapa pengaturan yang ada di menu Menulis.

  • Kategori Pos Standar: pengaturan ini digunakan untuk menentukan kategori yang akan diterapkan pada sebuah posting. Untuk dapat meningkatkan jumlah pengunjung, jangan biarkan sebuah posting di kategori uncategorized dalam waktu yang lama.
  • Format Post Bawaan: ini digunakan tema wordpress untuk membuat setting default pada sebuah postingan.
  • Post via Email: pilihan ini digunakan untuk mengirimkan post melalui email.
  • Server Mail: digunakan untuk membaca email yang dikirimkan ke wordpress.
  • Nama log: digunakan untuk mendaftarkan email yang akan digunakan untuk membuat postingan di wordpress melalui email.
  • Sandi: pilihan ini untuk mengisikan sandi (password) untuk login penulisan wordpress melalui email.
  • Kategori Surat Standar: pilihan ini digunakan untuk menentukan jenis postingan default yang diposkan melalui email.
  • Perbarui Layanan: saat mempublikasikan sebuah posting baru, wordpress otomatis akan memberi informasi layanan pembaruan situs lewat email.

Pengaturan Membaca

Pengaturan membaca digunakan untuk menampilkan postingan yang akan tampil di halaman wordpress. Pengaturan ini dapat digunakan untuk memudahkan pembaca melihat wordpress. Di dalam pengaturan membaca, dapat diatur tampilan di Home dan jumlah posting yang akan tampil di halaman Home. Untuk menuju ke pengaturan ini, dapat diakses melalui PengaturanMenulis

  • Tampilan beranda Anda: pengaturan ini untuk menentukan tampilan pada halaman Home (beranda) wordpress. Opsi yang dapat dipilih adalah menampilkan halaman statis (halaman tetap) dan bisa juga diisi dengan postingan terakhir yang telah dibuat.
  • Halaman blog menampilkan paling banyak: jika opsi yang dipilih adalah menampilkan postingan terakhir, maka opsi ini dapat digunakan untuk menentukan jumlah postingan terbaru yang akan tampil di halaman beranda.
  • Umpan sindikasi menampilkan yang paling baru: pilihan pengaturan ini digunakan untuk menentukan jumlah halaman yang dapat didownload melalui sebuah feed. Pada setting awal, jumlah download adalah 10 post, namun dapat diubah sesuai dengan kebutuhan.
  • Untuk tiap artikel di dalam umpan, tampilkan: pengaturan ini dapat digunakan untuk menentukan jumlah tampilan di bagian feed. Secara default, akan diatur pada mode Teks Lengkap (menampilkan posting lengkap). Bisa juga diatur pada mode Ringkasan (menampilkan ringkasan dari posting yang telah dibuat).
  • Penampakan pada Mesin Pencari: pengaturan ini memungkinkan untuk membuat postingan dapat dilihat oleh mesin pencari. Opsi ini dapat berfungsi jika posting yang dibuat bersifat rahasia dan ditujukan hanya untuk kepentingan internal namun diharuskan diupload ke wordpress agar mudah untuk membacanya.

Pengaturan Diskusi

Pengaturan Diskusi digunakan untuk membuat cara kerja dari pembaca yang akan mengomentari sebuah postingan. Dengan fitur ini juga, wordpress dapat diatur apakah akan menampilkan komentar atau menyembunyikan komentar dari para pembaca. Untuk dapat melakukan pengaturan terhadap komentar, dapat diakses melalui PengaturanDiskusi.

  • Pengaturan tulisan standar: bagian ini diterapkan pada sebuah pos baru ataupun halaman baru yang dibuat di wordpress. Terdapat tiga pilihan di dalamnya: 1) dapat memberitahu blog lain yang mengarahkan linknya ke halaman atau pos yang telah Anda buat, 2) dapat menerima pemberitahuan terhadap blog lain yang menggunakan link Anda, 3) memberi izin kepada pembaca untuk memberikan komentar di halaman atau pos yang telah dibuat.
  • Pengaturan komentar lainnya: pengaturan ini dapat digunakan untuk pengaturan komentar lebih mendalam. Pengaturan yang dapat dipilih dari sini antara lain: 1) menentukan kewajiban menulis nama dan email saat menuliskan komentar, 2) mengatur pembaca agar diharuskan untuk melakukan pendaftaran dulu sebelum melakukan komentar, 3) mengatur postingan yang dapat dikomentari berdasarkan usia pos, 4) menampilkan opsi cookies, 5) menentukan batas maksimal komentar bertingkat, 6) mengatur komentar mana yang menjadi komentar teratas.
  • Kirimkan email pada saya setiap kali: pilihan ini digunakan untuk menentukan di saat apa wordpress akan mengirimkan email pemberitahuan yang berisikan informasi komentar. Ada dua pilihan yang dapat diaktifkan maupun dinonaktifkan: 1) kirim email saat ada pembaca yang mengomentari posting atau halaman, 2) mengirim email jika ada komentar yang perlu dimoderasi.
  • Sebelum sebuah komentar muncul: opsi ini digunakan untuk menentukan tindakan apa yang akan dieksekusi sebelum sebuah komentar dari pembaca akan tayang di kolom komentar. Pilihan yang tersedia adalah persetujuan secara manual terhadap semua komentar dan menyetujui komentar apabila penulis komentar harus mempunyai komentar yang disetujui sebelumnya.
  • Moderasi Komentar: moderasi dilakukan untuk melakukan penyaringan jika komentar berisi kata-kata ataupun link yang tidak sesuai ataupun komentar yang dapat merugikan halaman wordpress yang Anda kelola. Dengan moderasi ini, maka komentar yang mengandung kata-kata sensitif itu tidak akan muncul di kolom komentar. Komentar ini akan muncul ketika telah lolos dari moderasi.
  • Daftar Hitam Komentar: pengaturan ini memungkinkan untuk melakukan blocking terhadap kata-kata sensitif yang telah Anda tentukan. Ketika pembaca menuliskan kata-kata ini di kolom komentar, otomatis komentar tersebut masuk ke dalam daftar hitam komentar.
  • Avatar: ini digunakan untuk menampilkan gambar yang mewakili sebuah komentar. Dapat diatur dengan tanpa gambar, dapat juga diatur dengan gambar yang telah tersedia di wordpress.

Baca Juga Apa itu Wordpress Komentar (Penjelasan Terlengkap)

Pengaturan Media

Pengaturan media digunakan untuk menentukan batasan maksimal terhadap media yang akan diupload di wordpress. Dengan demikian, maka akan menghemat juga ruang penyimpanan. Karena, semakin besar ukuran dari media yang diupload maka semakin besar pula ukuran media tersebut.

  • Ukuran gambar: ukuran gambar terbagi menjadi tiga kategori: 1) bisa dalam ukuran media kecil, 2) media dalam ukuran sedang, dan 3) media dalam ukuran yang besar. Ukuran yang tertera ini menentukan dimensi maksimum dalam pixel yang digunakan ketika menambahkan sebuah gambar dalam Pustaka Media.
  • Mengunggah Berkas: pilihan ini dapat digunakan untuk mengorganisir media dalam folder sesuai bulan dan tahun. Opsi ini dapat dinonaktifkan dengan menghilangkan tanda centang biru di kotak.

Permalink (Permanent Link) adalah sebuah URL yang dapat mengarahkan ke suatu website tertentu. Permalink ini telah digunakan oleh banyak website termasuk di wordpress. Jenis website lain menggunakan istilah link permanen, tetapi istilah permalink paling umum digunakan dalam blogosphere. Permalinks sering digunakan agar pengguna mudah membaca URL.

Anda dapat mengatur sendiri permalink di wordpress yang sedang Anda kelola. Permalink ini berpengaruh terhadap SEO dan mudah tidaknya wordpress diakses banyak orang. Di wordpress, pengaturan permalink dapat dilakukan dengan dua cara (Pengaturan Umum dan Pengaturan Opsional). Detail keduanya adalah seperti berikut ini:

  • Pengaturan Umum: dalam opsi pengaturan umum ini, permalink dapat diatur secara otomatis berdasarkan: 1) biasa, 2) tanggal dan nama, 3) bulan dan nama, 4) numerik, 5) nama tulisan, 6) struktur tersurai.
  • Pengaturan Opsional: jika memilih pengaturan permalink secara opsional, maka dapat diatur berdasarkan kategori dan tag.
Contoh Tampilan Permalink

Misal diatur berdasarkan tanggal dan nama
maka URL akan menjadi : 
https://www.catatan.net/wordpress/menu/2019/04/24/wordpress-pengaturan/

Misal diatur berdasarkan nama tulisan
maka URL akan menjadi : 
https://www.catatan.net/wordpress/menu/wordpress-pengaturan/

Pengaturan Privasi

Halaman kebijakan privasi adalah sebuah pernyataan yang berisikan beberapa hal yang dilakukan oleh pihak tertentu untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan, dan mengelola data pelanggan atau klien, dalam hal ini pelanggannya adalah pembaca website yang Anda kelola. Dengan menyematkan halaman privasi, maka secara tidak langsung pembaca dan Anda telah bersepakat terhadap peraturan bersama yang telah dibuat.

Informasi pribadi klien Anda dapat berupa apa saja yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang, tidak terbatas pada nama orang tersebut, alamat, tanggal lahir, status perkawinan, informasi kontak, catatan keuangan, informasi kartu kredit, dan masih banyak lagi lainnya.

Kebijakan privasi memberi tahu klien informasi spesifik apa yang akan dikumpulkan dan apakah informasi itu dirahasiakan, diberikan dengan mitra, atau dijual ke perusahaan lain. Kebijakan privasi biasanya mewakili perlakuan yang lebih luas dan lebih umum, berlawanan dengan pernyataan penggunaan data, yang cenderung lebih rinci dan spesifik.

Perlu diketahui pula, pembuatan kebijakan privasi ini tergantung pada hukum yang berlaku di negara asal pembuat privasi, maupun hukum yang lintas negara. Sebagian besar negara memiliki undang-undang yang mengatur hal ini. Pada kebanyakan negara, peraturan kebijakan privasi mencakup pihak swasta dan pemerintahan. Serta layanan komersial dan non-komersial.

Tentunya, Anda juga dapat mengatur halaman kebijakan privasi sesuai kebutuhan yang Anda gunakan. Berikut ini adalah sebuah contoh halaman privasi yang ada di wordpress:

Halaman Kebijakan Privasi
Sebagai pemilik situs web, Anda mungkin harus mengikuti 
hukum privasi nasional atau internasional. Contohnya, 
Anda mungkin harus membuat dan menampilkan laman Kebijakan
Privasi. Jika Anda sudah memiliki laman Kebijakan  
Privasi, silakan pilih di bawah ini. Jika tidak, silakan buat satu.

Laman baru akan mencakup bantuan serta saran-saran untuk
Kebijakan Privasi Anda. Namun, Anda bertanggung jawab
menggunakan sumber daya tersebut dengan benar, memberikan 
informasi yang dibutuhkan oleh Kebijakan Privasi Anda, dan 
menjaga informasi tersebut tetap terkini dan akurat.

Setelah laman Kebijakan Privasi Anda telah diatur, kami 
sarankan Anda untuk mengeditnya. Kami juga menyarankan 
meninjau ulang Kebijakan Privasi Anda dari waktu ke waktu, 
terutama setelah memasang atau memperbarui tema atau plugin 
apa pun. Mungkin ada perubahan atau informasi baru yang 
disarankan untuk Anda pertimbangkan ditambahkan ke dalam 
kebijakan Anda.

Edit or tinjau konten laman Kebijakan Privasi Anda.

Butuh bantuan untuk menyusun laman Kebijakan Privasi baru? 
Lihat panduan kami untuk rekomendasi konten apa yang perlu 
disertakan, bersama dengan kebijakan yang disarankan oleh 
plugin dan tema Anda.

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%