Manfaat dan Fungsi Website

Membuat sebuah website tentu harus memiliki fungsi dan manfaat yang tepat, berikut ini ada uraian yang pas untuk paham dan mengerti apa itu manfaat dan fungsi website

Manfaat dan Fungsi Website

Memiliki sebuah website pada masa sekarang ini dapat dikatakan sebagai sebuah kemajuan meski bukan sebuah yang menakjubkan. Mengapademikian? Yah, di era digital yang semakin berkembang ini bocah 10 tahun saja bisa membuat sebuah website. Hanya saja, bagimana sebuah website ini dikatakan berkualitas dan hanya sekedar saja. Mau memilih yang manakah Anda?

Hidup tidak akan terasa berharga jika kita tidak ada arah dan tujuan. Demikian juga dengan membuat sebuah website dapat dikatakan berharga dan berkelas apabila hakikatnya memiliki arah dan tujuan yang jelas. Disinilah kelak, nilai sebuah website ini akan menjadi buah yang perlu dipertanggungjawabkan.

Website Pemula

Bagi pemula, mungkin menentukan garis merah yang akan ditempuh inilah yang akan terasa sulit. Mengapa? Sebab disinilah letak dari segala kebimbangan itu berasal. Dan langsung saja, apa sih maksudnya. Begini, saat membuat sebuah website, tentu secara teknik sudah banyak sekali yang menulis mengenai cara membuat akun web, cara donload CMS dan sebagainya bisa lengkap sekali dari awal hingga selesai. Hanya saja, sangat jarang sekali yang membahas apa sih baiknya website yang dikelola.

Jika Anda butuh tutorial yang asik silakan klik disini

Namun jika Anda hendak membuat karya website yang bisa maksimal maka harus memiliki target dan tujuan terlebih dahulu. Disini saya akan memberikan contoh sebagai berikut:

1. Bisnis
Apabila tujuan utamamembuat website untuk bisnis, maka pastikan website yang Anda kelola memiliki alogaritma yang bisa dibaca Google dengan mudah. Beberapa kategori tersebut yakni seo friendly, memiliki informasi yang jelas (profil, gambar, video). Dalam sebuah profil harus ada alamat, nomor telp dan segala macam mengenai profil usaha Anda dengan jelas. Dengan demikian orang awam sekalipun yang baru sekali membaca website ini langsung yakin dan percaya bahwa bisnis yang Anda bangun benar-benar nyata. Kedua mengenai gambar dan video yang Anda unggah dalam website juga harus meyakinkan yang bisa menjadi iklan nyata yang akan membawa brand produk Anda semakin naik. Hindari hal-hal rancu yang justru akan membawa dampak negatif pada pikiran orang, misalnya “ini bukan penipuan loh”. Nah, kalimat semacam ini justru akan mendorong orang lain berpikir bahwa ini justru penipuan. Akan lebih baik menggunakan kalimat positif yang membangun seperti “ini produk asli dan terpercaya loh”.

2. Komunitas
Untuk menaikkan eksistensi website yang Anda miliki, akan lebih baik jika produk komunitas tersebut diberikan wacana dan bacaan yang membangun. Hal ini juga akan menaikkan profit iklan yang akan Anda. Bisa jadi akan ada yang tertarik untuk menepelkan promod produk yang sesuai dengan ragam komunitas yang Anda miliki. Jadi, memiliki sebuah website bukan sekedar coba-coba saja tapi ditekuni dan dijadikan ragam kisah yang hendak Anda tunjukkan pada dunia.

3. Hobi
Ini mungkin ada sedikit persamaan dengan komunitass itu tadi. hanya saja, saya kategorikan sebagai hobi disini yakni hanya mengekspos hobi Anda secara pribadi. Jadi lebi mengarah pada blog pribadi. Lalu, mengapa harus blog? Sekarang sudah banyak sosial media yang lebih kece dan memudahkan. Kita bisa menulis apa saja disana, bisa mengupload apa saja disana, bukankah itu lebih asik. Karena kita bisa langsung tahu respon dari masyarakat. Ada yang komenkah? Ada yang like? Ada yang share atau hanya silent read saja. Semua lebih asik dan menyenangkan. Hoho, tentu lain, membuat sebuah blog lebih bisa memaksimalkan diri lebih sempurna. Artinya, kita bisa menulis artikel secara bebas tanpa terikat dengan banyaknya karakter, kemudian kita juga bebas mengupload foto dengan caption yang pas dan tepat. Sekalian mau ada cerita dan penjelasan yang detail dan rinci tentu sangat bisa sekali.

Website Lanjutan

Jika sudah masuk pada tahap lanjutan itu artinya, website yang kita kelola sudah masuk pada ranah analitik. Yakni bagaiman kita mengetahui sisi litbang atau lebih keren disebut RND (Riset And Data). Dari data inilah kita bisa melihat view dari para pembaca yang aktif mengikuti kita. Dan sudah berapa banyak orang yang menikmati hasil jerih payah kita ini.

Pada tahap lanjutan ini kita sudah harus konsisten dan berkelanjutan, artinya ada jadwal aktif yang harus senantiasa

Website Kece

Apabila tahap pemula dan tahap lanjutan sudah terkuasi dengan baik maka selanjutnya website kece yang harus sudah dibenahi tampilan dan template yang berkelas juga tentunya. Nah, disini nih kuncinya. Kita tidak boleh pelit mengeluarkan sedikit uang untuk membeli domain dan hosting. Mengapa? Sangat penting sekali memiliki domain dan hosting berkelas agar website Anda bisa mencetak uang lebih banyak lagi. Baik itu dari segi iklan, penjualan atau view. Apapun jenis kegiatan yang Anda lakukan akan sangat baik jika sudah memiliki nama domain yang terpercaya sehingga website Anda akan kece badai seperti pelangi selepas hujan. Tipis-tipis agak romantis yee.

Nah, jika perlu bacaan mengenai domain dan hosting silakan [klik disini]() Pastikan nama domain yang akan dipilih sudah mengalami seleksi ketat dan lulus dengan nilai A bukan? Selamat beraktivitas.

Baca juga: Tutorial Membuat Website

Baca Juga:

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%