Cara Backup WordPress Otomatis dengan UpdraftPlus

Kita perlu melakukan backup untuk memberikan perlindungan terhadap website. Backup tersebut dapat dilakukan dengan cara manual, backup wordpress dari cPanel, backup wordpress dengan plugin.

Pada website, hal buruk dapat saja terjadi misal bisa saja kamu kehilangan data website sebagian atau bahkan seluruhnya. Untuk itu perlu melakukan backup karena akan memberikan perlindungan terhadap serangan pada website kamu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan backup yaitu dengan backup secara manual, backup wordpress dari cPanel, backup wordpress dengan plugin.

Backup wordpress dengan plugin terdapat banyak pilihan, salah satu nya adalah UpdraftPlus

Apa itu UpdraftPlus

UpdraftPlus adalah plugin backup terpopuler dengan rating rata-rata 4.8 dan lebih dari satu juta instalasi aktif. Statistik ini menempatla UpdraftPlus di posisi 20 besar plugin terpopuler di dunia.

Perkembanga UpdraftPlus tidak hanya masalah backup. Pada akhir tahun 2016, UpdraftPlus mengakuisisi WP-Optimize yang bisa membantu membersihkan WordPress dan mengoptimalkan kinerjanya. Tahun 2018 WordpPress dapat melakukan update.

UpdraftPlus memiliki versi berbayar dan gratis. Namun UpdraftPlus versi gratis juga sudah memiliki banyak fitur. Misalnya:

  • Kamu bisa memilih Full-backup atau Partial-backup (database,plugi,tema, atau file upload saja)
  • Merestorasihasil backup
  • Mengatur backup agar berjalan secara otomatis
  • Menyimpan hasil backup ke cloud storage seperti DropBox, Google Drive, Amazon S3, Rackspace, dll

Cara Backup WordPress dengan Menginstal Plugin UpdraftPlus

  1. Silakan masuk ke dashboard admin WordPress kamu dan pilih menu Plugins. Kemudian, klik Tambah Baru (Add New) dan ketik UpdraftPlus pada kolom Keyword, kemudian klik Pasang Sekarang lalu Aktifkan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
  1. Konfigurasi Plugin UpdraftPlus
  • Silakan kembali ke menu Plugins dan pilih Settings pada plugin UpdraftPlus.
  • Setelah itu, pilih tab Settings untuk melakukan setup plugin.

  • Backup schedule: berfungsi untuk seberapa sering backup yang akan dilakukan. Silakan pilih weekly untuk melakukan backup setiap 7 hari.

  • Angka yang ada pada kolom disamping retain this many scheduled backups berfungsi untuk mengatur berapa banyak backup terakhir yang dilakukan. Pilih 2 atau 3, karena semakin besar angka yang Anda isi, semakin banyak space yang dibutuhkan akun Dropbox Anda.

  • Terakhir, silakan pilih logo Dropbox untuk menentukan tujuan backup.

  1. Hubungkan dengan Dropbox
  • Silakan scroll ke bawah, kemudian klik save changes seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
  • Setelah itu klik link yang ada pada Authenticate with Dropbox:
  • Kamu diarahkan ke tampilan login Dropbox dimana harus login dengan akun Dropbox kemudian mengijinkan akses untuk UpdraftPlus seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini:

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%