Kebutuhan Membuat Website

Membuat sebuah website membutuhkan beberapa persiapan yakni platform, domain dan hosting

Keberadaan website saat ini sangatlah penting untuk memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh banyak orang. kebutuhan membuat website menjadi sebuah keharusan terutama untuk para pengusaha.

Ada beberapa komponen dasar yang harus diketahui dalam pembuatan website yaitu :

1. Domain

Domain merupakan nama atau identitas yang menunjukkan website Anda. Agar mempermudah pencarian website anda,Penamaan domain harus mudah diingat oleh para pengguna internet maupun mesin pencari.

untuk menentukan nama domain tidaklah mudah karena tidak bisa asal membuat nama tetapi harus secara tepat dan akurat, Agar website anda dapat dibaca dan dinikmati pengguna internet.

Ada beberapa tips yang akan mempermudah anda dalam memnentukan domain. tips nya adalah sebagai berikut:

Buat domain dengan ekstensi .com.

Domain .com merupakan TLD terpopuler yang paling banyak digunakan saat ini, sehingga pengunjung dan klien website anda akan mudah mengingat.

Buat alternatif nama domain.

pada saat melakukan sebuah pencarian di mesin pencari, terkadang banyak orang yang melakukan kesalahan pengetikan. Jadi pentingnya pembuatan alternatif domain adalah ketika ada pengunjung yang salah ketik, sehingga tetap diarahkan ke website anda.

Nama domain dibuat sesingkat mungkin.

Domain yang singkat dan tidak terlalu panjang akan mempermudah pengunjung mengingat domain anda.

Jangan gunakan tanda penghubung dan angka.

Tanda penghubung memungkinkan terjadinya kesalahan pengetikan, sehingga website anda akan sedikit pengunjungnya.

2. Web Hosting

Hosting merupakan wadah yang ada di dalam server untuk menampung semua file dan database website. Selanjutnya adalah cara membuat web hosting yaitu dengan mencari hosting yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Pembuatan Web Hosting memerlukan biaya, biaya tersebut tergantung dari spesifikasi website yang dibutuhkan dan lamanya waktu pembuatan. Pemilihan web hosting harus sesuai dengan finansial anda. Ada banyak sekali layanan hosting di Indonesia, salah satunya adalah jogjahost

3. Operasional Website (Maintenance)

Website Maintenance atau Pemeliharaan Website bertujuan untuk menjaga website agar tetap berjalan lancar. Website Maintence dilakukan secara teratur dan terjadwal. Alasan Utama Melakukan Website Maintenance, yaitu:

a. Hosting Membutuhkan Perawatan

Aktifitas pengunjung web yang banyak, menyebabkan Hosting memiliki CPU usage yang tinggi, sehingga website lambat jika di buka atau lebih parah ketika hosting terkena suspendsepihak karena melanggar TOS. pengecekan harus dilakukan 3 hari sekali, agar CPU Usage dalam keadaan aman.

b. Backup Berkala Data Website

Backup penting dilakukan untuk mengantipasi jika terjadi serangan virus atau hacker yang menembus sistem keamanan sistem web kemudian menyebabkan semua data hilang. Keberadaan virus atau hacker akan membuat sistem website Anda lumpuh atau data perusahaan Anda dicuri.

c. Pengunjung Web Ingin Informasi Yang Selalu Up To Date

Pentingnya untuk selalu Up to Date adalah terjadinya traffic pengnjung sehingga pengunjung tertarik membeli produk yang ditawarkan.

d. Persaingan Ketat di Search Engine

Website baru semakin banyak lahir di internet, sehingga search engine seperti google akan memperketat web yang berkualitas untuk muncul di halaman pertama maka dari itu, sebagai pemilik website anda harus selalu melakukan Search Engine Optimization. Karena trafick anda naik atau turun tergantung dari SEO web anda. Ada banyak teknik SEO yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan traffic website anda, salah satu yang paling sederhana adalah memanfaatkan social media untuk promosi website anda.

Baca juga: Tutorial Membuat Website

Baca Juga:

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%