👍 Cara Membuat Wordpress di Smartphone [100% Mudah, Ga Pake Ribet] 👍

Wordpress merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang banyak digunakan untuk keperluan blogging. Selain karena mudah digunakan, Wordpress menyediakan banyak plugin yang dapat mengoptimalkan kinerja sebuah website. Wordpress juga sudah bisa disetting dari perangkat smartphone. Hal ini tentu saja memudahkan Anda untuk membuat sebuah konten yang menarik di mana saja dan kapan saja.

Mobile Wordpress

Seorang blogger, baik yang menulis untuk hobi dan menulis di blog untuk menghasilkan pendapatan, tentunya sudah mengenal Wordpress. Sebuah Content Management System (CMS) yang sudah banyak digunakan dan menjadi satu andalan untuk menjadi seorang blogger.

Pada awalnya, Wordpress hanya tersedia untuk penggunaan di Personal Computer (PC) dan laptop saja. Dengan seiring berjalannya waktu, Wordpress dikembangkan terus menerus dan mengikuti arah perkembangan zaman. Saat ini Wordpress sudah tersedia pula dalam format mobile yang dapat diakses melalui smartphone yang Anda bawa sehari-hari.

Hadirnya Wordpress di perangkat smartphone tentunya merupakan kabar gembira untuk para blogger yang memiliki aktivitas tinggi dan tidak setiap saat dapat mengakses PC ataupun laptop. Wordpress ini dapat diakses di smartphone melalui aplikasi browser kesayangan Anda (bisa Google Chrome, Mozilla, dan yang lainnya).

Selain dapat diakses melalui aplikasi browser, Wordpress juga dapat diakses melalui aplikasi yang sudah tersedia di Play Store (bagi pengguna smartphone yang berbasis Android) dan juga di Apps Store (bagi pengguna smartphone yang berbasis iOS). Bacaan lebih lanjut dapat dibaca di Cara Setting Wordpress di Android

Install Wordpress Melalui Smartphone

Untuk membuat sebuah website yang berbasis Wordpress cukuplah mudah. Berikut ini adalah pemaparan tentang bagaimana caranya untuk membuat Wordpress di perangkat smartphone Anda:

Tahap Persiapan

Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum memulai:

  • Persiapkan tema besar yang akan Anda usung sebagai bahan tulisan.
  • Jangan lupa untuk memiliki sebuah alamat email yang nantinya akan Anda gunakan untuk mendaftarkan Wordpress.
  • Siapkan nama Wordpress yang akan menjadi identitas website Anda. Nama ini nantinya akan menjadi → namadomainanda.wordpress.com. Jika Anda menginginkan domain menjadi → namadomainanda.com maka Anda harus membeli domain tersebut di Web Hosting (Jasa Web Hosting terpercaya, banyak diskonnya, dan handal: JogjaHost, ArdetaMedia, NusantaraHost).

Masuk Melalui Aplikasi Browser

Aplikasi browser banyak macamnya di smartphone. Ada aplikasi browser bawaan dari vendor smartphone (Samsung, iPhone, Oppo, Vivo, Xiaomi, Honor). Ada pula aplikasi browser yang harus didownload terlebih dahulu (Google Chrome, Mozilla, UC Browser, Opera). Tidak ada panduan baku untuk memilih aplikasi ini. Keputusan tergantung pada kenyamanan Anda dalam menggunakannya.

Masuk ke Halaman Wordpress

Setelah memilih aplikasi browser yang sesuai dengan kenyamanan Anda, langkah selanjutnya adalah dengan mengunjungi Wordpress. Hal ini dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, mengetikkan wordpress di kolom pencarian atau di addres bar. Dengan cara ini, Anda akan dibawa ke halaman pencarian dan harus klik di alamat URL Wordpress. Kedua, masukkan www.wordpress.com di browser maka Anda akan langsung dibawa ke halaman depan Wordpress.

Lebih disarankan untuk menggunakan cara kedua. Alasannya adalah karena cara kedua cenderung lebih cepat dan mudah jika dibandingkan dengan cara pertama. Selain itu, dengan menggunakan cara kedua akan lebih menghemat waktu karena Anda sudah langsung diarahkan ke halaman Wordpress.

Daftar Akun Wordpress

Untuk mendaftarkan Wordpress, Anda harus memiliki email tersendiri. Opsi pertama, Anda mendaftarkan dengan email yang belum terdaftar di smartphone. Dengan cara ini, maka Anda diharuskan mengisi alamat email, nama pengguna, dan menentukan kata sandi. Opsi kedua adalah Lanjutkan Google yang lebih simpel jika dibandingkan dengan opsi pertama. Opsi ini digunakan untuk Anda yang sudah mendaftarkan alamat email di smartphone.

Setelah itu, Anda diharapkan membuka kotak masuk dari email yang telah didaftarkan. Hal ini untuk memverifikasi bahwa benar Anda yang melakukan pendaftaran di Wordpress. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memberi tema tentang Wordpress yang akan Anda buat, nama URL dari Wordpress, pilihan hosting yang akan digunakan (bisa gratis, bisa juga berbayar).

Tahap Akhir

Setelah melalui beberapa langkah tersebut, maka lebih Wordpress sudah siap untuk digunakan. Anda dapat memulai untuk menuliskan segala sesuatu di dalamnya. Wordpress versi terbaru menawarkan beragam fitur yang jika Anda dapat memanfaatkannya dengan baik, tentu akan membuat kinerja Wordpress semakin optimal. Semakin baik kinerja dari Wordpress yang Anda buat, semakin besar kesempatan Anda untuk membuat website menjadi ladang yang menghasilkan.

Baca Juga:

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%