Mengenal Menu Dashboard-Wordpress Lebih Dekat

Dasar-Dasar Dashboard Wordpress

Dashboard-Wordpress

Halo Sobat JH. Selamat datang di catatan.net tempat belajar website paling jos sedunia. Pada tutorial kali ini kami akan memberikan tutorial terkait dengan hal-hal yang harus Anda ketahui tentang dashboard di Wordpress. Dashboard di Wordpress memiliki fungsi yang sangat fundamental pada proses pembuatan maupun maintainance pada saat membangun website. Karena pada halaman dashboard inilah beberapa fungsi penting tersedia seperti membuat draft post di wordpress, membuat post di wordpress, membuat page di wordpress, mengupdate wordpress, melihat recent activity dan lain-lain.

Ketika Anda berhasil login ke dalam Wordpress, Anda akan diarahkan ke dalam halaman Dashbor. Untuk melakukan login pada Wordpress, caranya adalah sangat gampang. Ketikan kode berikut pada address-bar di browser Anda :

<alamat url website anda>/wp-admin

Kemudian masukan username dan password yang benar. Barulah setelah Anda sukses login anda akan menuju halaman tersebut.

Di samping kanan terdapat menu-menu yang memiliki fungsional-fungsional masing-masing. Di antaranya adalah Menu Dashbor, Menu Pos, Menu Media, Menu Komentar, Menu Tampilan, Menu Plugin, Menu Pengguna, Menu Perkakas, dan Menu Pengaturan. Namun demikian, untuk tutorial kali ini kita akan lebih berfokus pada Menu Dashbor. Kalau kita perhatikan Menu Dashbor memiliki 2 sub-menu yaitu Sub-Menu Home dan Sub-Menu Updates.

Dan jika kita lihat pada halaman Dashboard terdapat 5 Section pada Dashboard yaitu Section Selamat Datang, Section Selayang Pandang, Section Aktvitas, Section Draf, Section Acara dan Berita Wordpress.

Sebelum memasuki lebih jauh tentang Dashboard di Wordpress, ada hal yang perlu sobat JH ketahui sebelumnya yaitu sobat JH bisa melakukan update sistem Wordpress jika disana terdapat sebelum sobat JH melakukan aktivitas lainnya.

Bagian-Bagian Dashbor-Wordpress

Section-Selamat Datang

Di Section Selamat Datang terdapat 3 buah sub-section yaitu Sub-section Memulai yang berisi menu Sesuaiakan Situs/Customize Website, kemudian Sub-Section Langkah Beriktunya yang berisi : Menu Menulis Pos-Blog, Menu penambahan Halaman, dan Menu Lihat Situs, yang terakhir adalah Sub-Section Menu Tidakan lainnya yang berisi Menu Widgets dan pengaturan efektif Komentar (On atau Off).

Section-Selayang Pandang

Section Selayang Pandang terdiri dari tombol-tombol menu yang bersifat sekilas, artinya sifat aksesnya cepat. Tombol yang ada pada Section Selayang Pandang terdiri dari 3 buah tombol yaitu : Tombol Pos yang mengarah pada Menu Pos, Tombol Komentar yang mengarah pada Menu Komentar dan Tombol Halaman yang mengarah pada Menu Halaman. Di Section Selayang Pandang juga terdapat Tombol yang digunakan untuk mengupdate Wordpress.

Section-Aktivitas

Section Activitas merupakan section yang terdiri dari informasi-informasi atau notifikasi terkini tentang apa saja yang terjadi di website kita, bisa berupa Komentar ataupun dokumen yang baru dipublish. Pada gambar di atas terlihat bahwa kita telah melakukan publikasi dengan nama dokumen Hello World! Dan sebuah komentator di halaman Pos tersebut.

Section-Draf Cepat

Section Draf Cepat berisi halaman yang digunakan untuk menyimpan draf-draf Pos pada Wordpress. Tulisan yang ada pada Draf tersebut tidak langsung terpublish melainkan tersimpan sebagai draf di database.

Untuk menuliskan draf tersebut sangatlah gampang hanya membutuhkan inputan Judul dan inputan isi dari draf tersebut, kemudian diakhiri dengan mengetikan tombol Save Draf.

Section-Acara dan Berita Wordpress

Yang terakhir terdapat Section Acara dan Berita Wordpress. Perlu di ketahui bahwa Wordpress.org sering mengadakan event-event terkait dengan teknologi dalam hal ini adalah pengembangan website.

Anda juga bisa menginputkan alamat kota anda di text-box yang tersedia yang mana digunakan untuk mendapatkan info-info event Wordpress yang terdekat dengan lokasi anda.

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%