Internet Marketing-Cara Berbisnis Melalui Website

Bisnis melalui internet memerlukan sebuah strategi dan cara yang handal agar hasil bisa sesuai harapan

Cara Berbisnis melalui Website

Ada banyak cara berbisnis di internet (lihat: cara menjual barang di internet) . Perbedaan Situs marketplace, social media, dan forum online dan website adalah, Situs Marketplace, social media, dan forum online diibaratkan seperti Mall / Pasar / Tempat Berkerumunnya Orang Banyak di dunia online. Sedangkan website, bisa diibaratkan Kantor / Toko /lapak di internet.

Fungsi website sebagai media penampung untuk memberikan infromasi dan memasarkan produk yang kamu miliki. Keberadaan website saat ini sangat penting apalagi bagi kamu yang ingin memulai bisnis. Memiliki website berarti kamu memiliki ‘toko’ sendiri, sehingga kamu dapat mengelolah dan berkarya di dalam website kamu sendiri. Website juga menunjukkan bahwa bisnis yang kamu miliki tertata dengan baik dan bisnis kamu akan terlihat jauh lebih profesional.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara berbisnis melalui website. Berikut ini adalah langkah-langkah yang tepat dalam berbisnis melalui website:

1. Menyiapkan Nama Alamat Website yang Mudah Diingat

Alamat website yang mudah diingat dapat mempermudah pembeli yang ingin mampir ke lapak anda, sehingga website yang anda miliki akan menarik calon pembeli bahkan bukan tidak mungkin pembeli akan membeli produk yang dijual.

Adanya layanan platform online dapat membantu membuat website yang cocok, pilihan platform online untuk membuat website gratis sudah cukup banyak. Kamu bisa mencoba di Jogjahost dan dobelhost

Langkah untuk membuat website pada setiap platform hampir sama, yaitu

  • Daftarkan diri di platform yang diinginkan

  • Pilihlah templete yang sesuai keinginan, template tersebut dapat diubah.

  • Masukkan nama domain yang sudah dipikirkan dengan baik karena nama ini tidak dapat dirubah, dan lengkapi ata pendukung lainnya.

2. Sediakan Space untuk Website Bisnis

ketika sudah memiliki alamat website atau nama domain yang diinginkan, maka langkah selanjutnya adalah adanya layanan web hosting. Apa itu hosting hosting Untuk memiliki sebuah website, kamu memerlukan ‘tempat’ berupa hard disk di sebuah komputer atau server untuk meletakkan halaman website kamu.

3. Siapkan Desain dan Lengkapi Laman Website Bisnis

Text, foto, gambar, maupun video merupakan bahan-bahan penting dalam pengisian konten untuk dimuat di dalam website bisnis agar website kamu terlihat menarik, untuk itu hal tersebut harus disiapkan dengan baik

Untuk text harus diubah dalam format HTML, fungsinya adalah agar dapat dibaca oleh program Internet Explorer/Firefox. Begitu juga dengan gambar atau foto harus menggunakan format JPEG atau GIF, tujuan nya sama seperti Text, agar bisa dibaca program Internet explorer. Program gambar agar menarik dapat dibuat di berbagai software gratis seperti Photoshop, Corel Draw, dan lain sebaginya.

jika belum memahami bahasa HTML kamu dapat membuatnya dengan menggunakan software HTML Editor gratis seperti HTML Kit, Kompozer, dan lain-lain. Atau dapat juga Anda menggunakan software komersil. Salah satu contoh Dreamweaver.

File text dan gambar dapat diakses oleh pengunjung Website kamu. Selanjutnya upload file tersebut ke server.

4. Promosi dan Analisa Website

Promosi merupakan salah satu cara dalam keberhasilan sebuah website, promosi website bisnis online dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, iklan banner, dari mulut ke mulut, beriklan di iklan baris, iklan di forum, beriklan di media massa, membagi brosur dan lain sebagainya.

Untuk menarik pengunjung datang ke website kamu maka harus melakukan update setiap hari, agar memberikan rasa nyaman dalam berinteraksi dengan calon pembeli. Trend promosi antara media sosial dengan website sudah banyak dilakukan oleh pelaku bisnis besar di dunia.

Ada banyak cara promosi yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan internet antara lain iklan text atau banner di Google AdWords, Kaskus, dan lain sebagainya. Dalam Website kita dapat melihat statistik jumlah pengunjung perhari, perminggu, perbulan. Dan jika jumlah pengunjung yang tinggi, kamu dapat menerima pemasangan banner atau iklan di website.

Baca juga: Tutorial Membuat Website

Baca Juga:

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%