5 Cara Mudah Membuat Halaman Website untuk Pemula

Pada era digital seperti ini, sudah banyak sekali profesi yang ada di dunia online, baik itu seorang blogger, affiliate marketer, business owner, maupun pegiat toko online sekalipun, keberadaan website saat ini bisa dikatakan sebagai ASET bisnis online.

Kenapa website itu penting? memang benar kita bisa menjual barang dengan membuka lapak di situs jual-beli online atau situs marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, OLX, dan sebagainya, atau akun jualan di situs sosial media (Facebook, Instagram, dll). Tetapi apabila belum memiliki website sendiri, daya ungkit bisnis dan promosi online kita biasanya kurang optimal.

Ketika ingin membuat sebuah website, tentunya kita harus tau hal-hal mendasar apa saja mengenai website, dengan begitu kita akan mengetahui arah dan tujuan dari proyek online yang akan kita bangun.

Berikut 5 cara mudah membuat halaman website untuk pemula:

Langkah 1: Menentukan Ide Website
Langkah 2: Register Nama Domain
Langkah 3: Pilih Web Hosting
Langkah 4: Pilih Platform dan Buat Website
- WordPress
- Joomla
- Drupal
- Website Builder
Langkah 5: Buat Rencana untuk Mengembangkan Website Anda

Langkah 1: Menentukan Ide Website

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat website adalah menentukan ide dan topik. Ide yang matang sangat memepengaruhi benefit apa yang akan kita dapat melalui website. Benefit tersebut dapat berupa jaringan pertemanan atau bahkan menghasilkan uang.

Ada beberapa tipe website yang yang paling banyak dicari dan dibuat, mungkin salah satunya kamu akan tertarik:

1. Website e-commerce

Semua orang memiliki kesempatan yang sama dalam berbisnis. karena itu, jenis situs yang sering banyak dikunjungi adalah Toko Online. Di situs e-commerce, kita dapat menjual berbagai macam barang baik secara digital maupun fisik. Banyak sekali kelebihan menjual barang secara online yang tidak bisa dilakukan oleh toko fisik.

2. Blog

Blog menjadi salah satu platform untuk mereview berbagai macam kegiatan misalnya untuk kegiatan bisnis (afiliasi,review, niche blog) atau mengenai kegiatan hobby dan aktifitas lain (traveling, makanan, musik, dan buku). Penulis blog yang biasa disebut blogger ini, sering sekali di undang ke dalam berbagai acara sebagai pengisi acara atau bahkan sebagai tamu karena pengaruhnnya di dunia digital yang sangat besar.

3. Website edukasi

Jika kamu memiliki pengetahuan di bidang tertentu baik secara akademik maupun non akademik, kenapa tidak mecoba untuk membuka kursus online? Dengan adanya website ini, kamu tidak hanya berbagi informasi saja, tetapi kamu juga dapat mengembangkan apa yang kamu sukai, keuntungannya kamu dapat melatih diri sekaligus, bahkan kamu juga dapat membuat sebuah komunitas untuk berbagi ilmu bersama orang yang memiliki bakat yang seperti kamu.

4. Portofolio

Jika kamu ingin menunjukkan kemampuan dan kelebihan kamu di dunia internet agar semakin di lirik, kamu dapat membuat situs portofolio, sehingga kamu lebih mudah menadapat panggilan kerja dan wawancara, mengikuti lomba atau kompetisi, maupun tawaran bisnis.

Keempat ide membuat website tersebut merupakan beberapa contoh dari banyak contoh yang bisa kamu jadikan referensi. Tapi yang paling penting adalah semua rencana harus sangat jelas dari awal dengan kata lain sudah ada gambaran website apa yang akan dibangun. Misalnya apa warnanya, bagaimana tampilannya, apa saja menu-menu yang ada, apa isinya, kontak yang dapat dihubungi dan sebagainya. Begitu juga ketika kamu ingin membuat toko online. Pastikan sudah jelas apa produk yang dijual, harga, spesifikasi, warna website, proses bisnis,metode pembayaran dan sebagainya.

Langkah 2: Register Nama Domain

Sebelum membahas cara membuat web, terlebih dahulu pikirkan nama yang unik dan catchy untuk website Anda.

Berikut beberapa tips dan langkah untuk menemukan dan membuat nama domain:

  • Lakukan brainstorming pada nama-nama website yang berpotensi.
  • Gunakan fitur cek domain
  • Ketik atau masukkan nama domain yang diinginkan di fitur pencari.
  • Pilih nama domain terbaik.
  • Selesaikan order dan registrasi domain.

Menentukan nama domain yang tepat untuk website mungkin tidak begitu mudah. Berikut beberapa tips yang sekiranya dapat membantu:

1. Buat domain dengan ekstensi .com

Domain .com merupakan domain yang paling banyak digunakan dan mudah diingat oleh visitor dan klien website anda.

2. Buat alternatif nama domain

Ketika melalukan pengetikan di browser sering kali kita salah mengetik, sebagian besar klien dan visitor juga melakukan hal yang sama seperti yang pernah kita buat. Jadi, sangat disarankan untuk membuat alternatif nama dari nama domain utama. Sehingga meskipun klien atau visitor salah ketik, maka tetap akan diarahkan ke beranda utama dari website yang kamu miliki.

3. Nama domain dibuat sesingkat mungkin

Nama domain yang singkat akan memudahkan pengunjung dalam mengingat domain kamu. Karena jika terlalu panjang akan lebih sulit untuk diingat sehingga pengunjung tidak tertarik untuk mengunjungi website kamu.

4. Jangan menggunakan tanda penghubung dan angka

Jika tidak terlalu memerlukan tanda penghubung atau angka, jangan menyisipkan nya ke dalam domainmu karena akan menyebabkan kesalahan dalam pengetikan.

Langkah 3: Pilih Web Hosting

Dalam Memilih Web Hosting harus secara tepat dan sesuai dengan proyek anda sehingga website anda dapat dipercaya oleh vistor.

Ada 4 jenis layanan hosting yaitu:

Langkah 4: Pilih Platform dan Buat Website

Sebenarnya membuat website dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu:

  • Membuat Website Dari Awal, atau
  • Membuat Website menggunakan aplikasi yang sudah ada.

Ketika membuat Website dari awal, banyak hal yang harus dipelajari seperti bahasa pemrogramman web, mulai dari bahasa pemrogramman HTML, CSS, Javascript, PHP dan database MYSQL. Cara ini sangat tidak cocok untuk pemula, karena biasa dilakukan oleh profesional IT.

Cara yang paling mudah untuk pemula dalam membuat website adalah menggunakan aplikasi, yang disebut dengan menggunakan platform Atau orang-orang IT biasanya menyebutnya CMS atau Content System Management.

CMS adalah platform yang menyediakan tool yang diperlukan untuk membuat, mengelola,dan menerbitkan tipe konten tertentu. Misalnya jika menjalankan blog online, maka kamu sebaiknya menggunakan CMS yang menyediakan tool untuk memformat dan merevisi, juga opsi untuk menerbitkan post.

kegunaan CMS:

  • CMS menyediakan tool yang diperlukan untuk membuat konten yang berkualitas baik.
  • CMS membantu mengatur konten secara otomatis, sebagian besar CMS modern menyortir konten dengan menggunakan fitur, seperti tags dan categories.
  • Fungsionalitas CMS dapat dikembangkan. CMS yang berkualitas akan memungkinkan Anda untuk mengatur instalasi dengan cara menambahkan fitur tambahan.

Berikut ini adalah platform/ CMS yang sering dipakai di seluruh dunia:

1. Wordpress

Wordpress mempunyai Pengaruh yang sangat luar biasa, karena banyak sekali keunggulan yang didapat, seperti:

1. Gratis dan Opensource

ketika men-download, me-install atau memodifikasi kita tidak perlu mengeluarkan biaya karena Wordpress . merupakan platform gratis. Wordpress di dukung oleh komunitas yang sangat besar sehingga perkembangannya cepat. Komunitas tersebut dapat membantu kamu menyelesaikan masalah yang ada di wordpress, salah satu forum/komunitasnya adalah wordpress.org/support atau wordpress.stackexchange.com.

  • Sangat Fleksibel dan Pengelolaan yang Mudah

Dahulu WordPress hanya digunakan sebagai CMS untuk blog. Namun seiring berkembangnya kemampuan dari WordPress, saat ini WordPress dapat digunakan untuk keperluan apapun seperti website/blog pribadi, profil perusahaan, portfolio, toko online, kumpulan resep masakan, forum, social media, dll.

  • Wordpress tidak perlu mengerti kode HTML untuk melakukan kustominasi, karena terdapat fitur “interface” yang memudahkan pengaturan posting dan tata letak komponen websitenya. Pengelolaan yang mudah sehingga orang awan pun bisa menggunakan wordpress.

  • Cocok Buat Pemula

cara kerja wordpress hampir sama seperti Microsoft Word. WordPress memiliki fasilitas plugin gratis maupun berbayar.

Plugin adalah sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar. Misalnya plugin anti-spam, plugin web counter, antivirus, SEO, montoring web, galerry, sosial media share, dan lain sebagainya. WordPress sangat memperhatikan mengenai plugin sehingga plugin yang tersedia di WordPress sangat banyak dan selalu berkembang.

Wordpress juga memiliki fasilitas untuk mengatur Themes atau Template fasilitas tersebut salah satu faktor penting untuk menarik visitor mengunjungi website, pilihan themes yang banyak dan terbatas didapatkan dengan gratis, atau jika ingin terlihat lebih personal anda bisa membeli themes yang sesuai kebutuhan.

Tidak dapat mengatur halaman hosting : Sebab wordpress adalah bersifat free / gratis dimana didalamnya sudah menyediakan layanan hosting secara gratis. dan anda tidak bisa mengakses panel hosting tersebut. jika anda membuat script php sendiri sudah tentu tidak akan bisa. lebih spesifiknya kebebasan anda untuk memaksimalkan blog seperti blog wordpress yang menggunakan hosting sendiri tidak berbayar maka tidak akan bisa.

Konten tidak mutlak milik sendiri : Mengingat hostingya bukan milik sendiri. maka seluruh konten dan kepemilikian hanyalah bersifat semu belaka. sama dengan blog-blog lainya misalnya blogger.com dan multiply. dan anda hanyalah sebagai pengguna bukan pemilik mutlak blog wordpres anda. hal ini tentu sangat berbeda bagi anda yang bisa menggunakan blog wordpress dengan hosting sendiri atau hosting yang berbayar maka status kepemilikan dan penguasa mutlak atas blog wordpress tersebut adalah anda sendiri.

Kurang leluasa menata tampilan : Pada halaman css adalah halaman terpenting untuk mengedit html dengan tujuan menata blog. namun di dalam wordpress yang gratisan ini tidak bisa menggunakan fitur tersebut melainkan harus dengan berbayar barulah bisa di gunakan.

Tidak dapat menggunakan plugin : Plugin wordpress merupakan sebuah sejenis aplikasi tambahan yang begitu berguna untuk mengoptimalkan sebuah fungsi blog wordpress. jumlahnya pun sudah banyak sekali. namun tidak tersedia plugin untuk blog wordpress hingga sampai saat ini. kecuali anda menggunakan sebuah wordpress yang menggunakan hosting yang berbayar alias hosting sendiri. tentu anda bisa menggunakan berbagai macam plugin untuk mengoptimalkan blog wordpress anda.

Tidak bisa menerima iklan bisnis dari google adsense : sudah menjadi hal yang sangat lazim jika pada dunia blogging bahwa sudah banyak yang menjadikan blogging menjadi ajang berbisnis. baik yang gratisan maupun blog yang berbayar. serta kebanyakan bisnis online melalui blog biasanya menggunakan sebuah iklan. salah satunya iklan pada google adsese yang saat ini menjadi populer. dengan dimana untuk menampilakan iklan tersebut harus memasukan script atau bahasa code ke dalam sebuah blog wordpress. dan hingga sampai saat ini pun pihak blog wordpress tidak dapat dimasukan code bahasa atau sript iklan dari google adsese tersebut.

2. Joomla

Joomla dibuat oleh perusahaan Miro yang berasal dari Australia, Joomla berasal dari poject open source yang kemudian beralih ke mambo CMS seiring dengan perkembangannya mambo berubah menjadi Joomla sampai dengan sekarang. Joomla sudah sangat berkembang bahkan banyak komunitas joomla di Indonesia seperti di (http://www.id-joomla.com/forum) atau (http://forum.joomla.org/).

berikut beberapa keunggulan Jommla sebagai CMS

  • Dapat Membuat segala jenis website

Modul Joomla sudah sangat banyak bertebaran di internet, sehingga kamu lebih mudah mempelajarinya. Jooma dapat membuat website apapun, mulai dari blog sederhana atau forum hingga situs e-commerce berskala besar.

  • Mencari informasi dan solusi

Joomla boleh berbangga karena CMS ini memiliki komunitas online terbesar. Karena keunggulan inilah, Anda bisa dengan mudah mencari jawaban dan dan solusi dari pertanyaan dan kesulitan yang dialami.

  • Mengaktifikan fitur baru tanpa harus menguasai bahasa pemrograman terlebih dulu

Kemudahan yang ditawarkan Joomla menjamin bahwa setiap webmaster, bahkan yang masih baru, bisa membuat situs yang menarik dan responsif. Dengan banyaknya fitur yang ada, Joomla! menyediakan konten yang sudah disiapkan (built-in content) dan sistem manajemen user. Kamu juga memiliki akses untuk mengelola fitur, untuk mengembangkan fungsionalitas website.

Berkat editor built-in yang canggih, membuat konten dengan Joomla terasa mudah, sebagaimana fitur editor ini mengelola dan mengatur semuanya. Ketika ada hal yang berhubungan dengan kustomisasi visual, Joomla! memampukan Anda untuk mengubah situs secara manual atau menggunakan template untuk menaikkan kecepatan prosesnya. Sayangnya, tidak ada direktori template resmi sehingga Anda, mau tidak mau, mengandalkan kemampuan Google untuk menemukan template yang tepat.

Joomla! memiliki dua keunggulan yang berbeda dari semua CMS, yaitu ketika membuat website multi-bahasa dan platform jaringan sosial. CMS Joomla memuat banyak opsi yang membantu Anda membuat apa pun jenis situs dengan mudah.

Kekurangan Joomla

Joomla! sebagai alternatif pengembangan web dalam waktu yang cukup singkat, tentunya mempunyai beberapa kelemahan CMS pada umumnya. Kelemahan ini harusnya diketahui oleh pengembang yang benar-benar menggunakan Joomla! sebagai engine website secara utuh

  1. Susah dikenali oleh mesin pencarian kelemahan ini membuat website yang menggunakan CMS joomla susah untuk menempati urutas teratas didalam mesin pencarian.

  2. Keterbatasan ACL ACL atau Access Control List adalah kemampuan CMS untuk memberikan akses yang berbeda kepada setiap penggunas atau group tertentu.

  3. Ketiadaan Multisite Multisite adalah kemampuan CMS untuk membuat website induk menjadi beberapa website. shingga jika perlu update hanya induknya saja yang di update. ini berguna sekali untuk membangun website komunitas dan majalah online.

  4. Kurang nya cahce memori Cache Memory pada CMS adalah kemampuan CMS untuk menyimpan secara dinamis halaman website yang telah dibuka dengan demikian tidak perlu melalukan query ulang pada database website.

Drupal

Drupal adalah sistem pengelolaan konten open source yang tergolong populer di kalangan web developer, yang ditulis dalam PHP. Setelah dibuat pada awal tahun 2000 oleh seorang mahasiswa Belgia, sekarang Drupal sudah banyak digunakan oleh beberapa website paling menonjol di internet yaitu WhiteHouse.gov, Weather.com,dan lain-lain. Hal ini sering dianggap sebagai pesaing CMS semacam WordPress dan Joomla.

Pemain terbesar lainnya di dunia sistem manajemen konten adalah Drupal. Meskipun memang, Drupal sedikit berbeda dari WordPress dan Joomla.

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, WordPress dan Joomla tidak mengharuskan usernya untuk menguasai bahasa pemrograman. Namun, hal ini berbeda dengan Drupal. Jika ingin membuat website di Drupal, maka Anda harus punya skill dan pengetahuan di bidang web development. Sampai saat ni, Drupal adalah salah satu CMS yang powerful dan aman di kalangan developer.

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki Drupal:

Fleksibilitas dan skalabilitas yang tinggi. Platform yang sempurna untuk proyek online kecil dan besar. Jika Anda tahu soal pengembangan web, maka Drupal adalah CMS yang tepat untuk berbagai jenis website. Beragam module gratis. Apa pun fitur nya, Anda bisa menemukannya di library yang memuat lebih dari 40.000 module gratis. Berfokus pada pembuatan dan publikasi konten. Karena Drupal dikategorikan sebagai CMS, maka manajemen publikasi menjadi lebih mudah. Cari apa pun yang Anda butuhkan untuk publikasi konten di dashboard.

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%