Tutorial Membuka File Cpanel di File Manager Nautilus Linux Ubuntu

Nautilus merupakan files-manager yang dimiliki oleh Gnome-Desktop Environment. Nautilus dikembangkan oleh Eazel dan Andy Hertfeld (Apple)

Tutorial membuka file cpanel di file manager nautilus linux ubuntu

Apa itu Nautilus? Nautilus merupakan files-manager yang dimiliki oleh Gnome-Desktop Environment. Nautilus dikembangkan oleh Eazel dan Andy Hertfeld (Apple). Nautilus merupakan free-software yang mana anda bisa mendownloadnya dengan gratis (General Public Licence). Berikut akan dijelaskan bagaimana caranya membuka file cpnael di file manager nautilis linux ubuntu.

1. Masukan alamat ftp web pada Nautilus

Hal yang pertama dilakukan adalah dengan memberi inputan pada text box “onnect to Server” di tab “Other Locations”. Sedangkan untuk formatnya sendiri adalah :

ftp://[nama_website_anda]

Pada contoh kali ini, kami menggunakan website dengan nama kodok.com.

2. Login ftp di Nautilus

Langkah ke-2 yang dilakukan adalah anda harus melakukan login ke dalam file manager di Nautilus pada jendela pop up yang muncul. Ketentuan login di sini adalah sama dengan ketentuan login pada halaman cPanel di website anda.

3. Mengakses data di Nautilus

Setelah anda berhasil login, anda sekarang sudah bisa mengakses file-file yang ada pada cPanel. File-file tersebut seakan-akan berperilaku seperti file biasa pada di tab di Nautilus yang lainnya. Jadi anda bisa melakukan melakukan fungsionalitas file manager seperti pencarian file, copy, paste, dan delete file. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Hosting Unlimited SSD

Sumber CPU dan alokasi memory lebih besar sehingga Anda lebih leluasa mengembangkan bisnis.

Promo Diskon 50%