Tutorial Membuat Script .htaccess Redirect Dari Non-www ke www

Membuat Script htaccess Redirect Pada Website dari Non-www ke www
Apa itu file .htaccess? File.htaccess adalah file konfigurasi untuk digunakan pada pada Apache Web Server. File .htaccess ini dapat digunakan untuk mengubah konfigurasi (setting) perangkat lunak Apache Web Server untuk mengaktifkan / menonaktifkan fungsionalitas dan fitur tambahan pada Apache Web Server. Contohnya fungsi redirect, fungsi pengalihan ke halaman 404 jika terdapat error yang ditemukan, juga fungsi-fungsi yang lainnya.

Salah satu fungsi yang umum pada penggunaan file .htaccess adalah dengan membuat redirect pada website dari halaman non-www ke halaman www. Bagaimana cara setting file .htaccess agar bisa berfungsi seperti itu? Berikut adalah caranya :

1. Login ke cPanel Hosting anda

1-download

Hal yang pertama dilakukan untuk melakukan membuat file script .htaccess dari non-www ke www di website anda adalah dengan login ke cPanel pada website anda. Jangan lupa untuk memasukan username dan password yang benar pada halaman login di cPanel website anda.

2. Pada menu Files, pilih File Manager 2-file-manager.PNG

Jika sudah masuk ke dalam cPanel langsung saja anda masuk ke dalam file manager. Di file manager inilah file-file web yang anda dibutuhkan berada, lebih tepatnya di folder public html.

3. Setting Show Hidden Files 3-show-hidden.PNG

Secara default, file yang diawali tanda titik “.” (dot) pada file manager cPanel tidak akan ditampilkan karena ekstensi seperti itu akan ter-hidden otomatis pada file manager di sistem Linux. Maka yang harus anda lakukan adalah melakukan pengaturan agar file yang ter-hidden bisa muncul. Caranya adalah dengan menekan tombol setting di pojok kanan atas file manager. Kemudian, akan muncul jendela baru dengan nama “Preferences”. Kemudian yang anda butuhkan adalah dengan jalan mencentang “Show Hidden Files” (dotfiles).

4. Kode File .htaccess 4-kode.PNG

Setelah melakukan pengaturan pada bagian “Setting Show HIdden Files” pada langkah ke-3, anda sekarang dapat mengakses file .htaccess pada file manager di cPanel. Masukan kode tersebut sesuai dengan gambar di atas atau sesui dengan kode di bawah ini:

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off 
#RewriteCond %{HTTP_HOST} !^www\. [NC]
RewriteRule ^(.*) https://www.catatan.net [L,R=301]

5. Buka Website Anda 5-succed.PNG

Setelah anda telah memasukan kode program yang ada di langkah (4), anda bisa langsung mengetesnya dengan membuka halaman web anda langsung (tanpa https://www[nama website anda]). Jika halaman tersebut ter-redirect ke halaman web https://www[nama website anda] maka kode anda telah berhasil. Jika belum, segera periksa kembali kode yang ada pada langkah (4). Selamat mencoba!

Onlinekan Bisnismu

Onlinekan Bisnismu Dengan Hosting Unlimited SSD Cuma 13RB Sebulan, Gratis Domain .COM + Diskon 50% Recurring Lifetime

Dapatkan Di Sini