WEB HOSTING ADALAH TEMPAT PENYEDIA JASA DI DUNIA MAYA

Web hosting adalah penyediaan jasa yang berhubungan dengan jasa persewaan server beserta aplikasi softwarenya yang memberikan peluang kepada sebuah instansi resmi ataupun perorangan untuk menjalankan bisnisnya. Web hosting adalah tempat dimana suatu instansi baik milik perusahaan atau pemerintah dapat menyimpan file dalam website tersebut berupa gambar, tulisan, aplikasi, atau yang lainnya. Sebuah web hosting biasanya menyediakan tempat untuk penyimpanan data hingga terrabytes (tb) dan menggunakan koneksi internet yang dapat diakses baik oleh user pemilik maupun user lain yang ingin memanfaatkan informasi yang tersedia dalam sebuah website. Berikut adalah jenis web hosting yang umum kita jumpai sehari-hari melalui koneksi internet.
Jenis Layanan Hosting
Web hosting adalah layanan persewaan jasa website yang sesuai tipe layanan hostingnya akan dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:
a. Shared Hosting
Jenis web hostingyang satu servernya dimanfaatkan lebih dari satu domain atau dimanfaatkan beberapa account sekaligus untuk kepentingan usahanya. Penggunaan shared hosting ini umumnya digunakan oleh perorangan atau industri kecil penyedia informasi jasa tertentu yang memang akan lebih mudah jika diakses melalui internet.
b. Virtual Dedicated Server (VPS)
Jenis ini menggunakan virtualisasi software yang memungkinkan suatu domain untuk dapat menginstall aplikasi yang berjalan diatas atau bersamaan dengan aplikasi lain. Penggunanya biasanya adalah sebuah perusahaan atau beberapa instansi pendidikan dengan beberapa jenis website di dalamnya untuk memudahkan akses tiap website tautannya.
c. Dedicated Server
Jenis ini mengkhususkan aplikasi lebih besar dengan sistem penyedia server yang ditanggung penedia jasa hosting dan pihak vendor. Penggunanya biasanya berasal dari instansi pemerintah atau perusahaan besar
d. Colocation Server
Layanan ini dipergunakan oleh pihak pengguna yang sebelumnya bekerjasama dengan vendor tertentu untuk peletakan server web hosting. Penggunanya dapat beasal dari instansi resmi pemerintah ataupun swasta.
Layanan Keperluan Web Hosting
Web hosting adalah layanan yang dapat dibedakan juga berdasar kebutuhan berupa web server (penyedia jasa khusus untuk data yang umum ada di website) atau mail server (website yang berhubungan khusus dengan email). Secara umum web server menggunakan software LAMP (Linux Apache MySQL Php).

About author