PENGERTIAN WEB HOSTING

Pengertian web hosting secara umum adalah layanan website yang disewakan oleh penyedia jasa server kepada pihak vendor atau user (pengguna) untuk membantu khalayak umum untuk dapat mengakses informasi baik informasi resmi ataupun infomasi umum di berbagai bidang yang tersedia di website tersebut. Web hosting menempatkan informasi di internet dengan alamat yang menggunakan kelengkapan berupa HTTP, FTP, EMAIL, dan DNS.
HTTP (Hypertex Transfer Protocol)
Pengertian web hosting dengan protokol HTTP adalah sistem web browser yang memungkinkan protokol melakukan tanya jawab antara klien dengan server penyedia informasi. Umumnya, dimulai dengan penghubungan port tertentu ke server web hosting. Mayor protokol yang digunakan untuk akses dokumen menggunakan beberapa HTTP agar tidak membuang waktu dalam pembuatan koneksi dan proses pengaksesannya lebih cepat. Dengan protokol HTTP ini antara user agent dengan origin server dapat terhubung dengan menggunakan proxy, gateway atau tunnel. HTTP adalah sistem protokol yan paing populer yang unuk mengaksesnya diidentifikasi menggunakan URL (Uniform Resource Locator).
FTP (File Transfer Protocol)
FTP dalam pengertian web hosting adalah protokol intenet standar yang dijalankan selama pengiriman file berkas antar jaringan komputer. Protokol FTP memiliki server yang berasal dari windows service atau daemon yang berjalan dalam komputer untuk merespon beberapa perintah berupa pengubahan direktori, pengubahan modus pengiriman, pengunggahan atau pengunduhan berkas. FTP dapat diakses dari sebuah komputer menggunakan URI (Universal Resources Identifier).
EMAIL (Surat Elektronik)
Email dalam pengertian web hosting adalah prosedur pengiriman surat yang dapat berupa file gambar atau tulisan melalui media elektronik. Dalam prosedur web hosting yang digunakan sebuah instansi swasta atau pemerintah, alamat email tertentu dibuat untuk memenuhi kebutuhan dari user perusahaan pemerintah ataupun swasta dalam hal surat menyurat dalam waktu singkat. Email dalam keseharian dapat diakses menggunakan peramban website seperti Mozilla firefox atau google chrome. Dapat jga menggunakan Outlook express atau Windows mail.
DNS (Domain Name System)
DNS dalam pengertian web hosting adalah layanan jaringan yang menrjemahkan sebuah situs website menjadi sebuah alamat internet.

About author